BERITA SUKA: Atom Life Kembali Bugar!


Setelah hampir 3 bulan Atom Life istirahat total, kini waktunya untuk beraktifitas selayaknya sebuah pda. Ada rasa berat untuk membangunkan sang pda, entah karena sudah ada modem untuk koneksi ke dunia maya sehingga fungsinya semakin ga penting, atau karena bimbang memilih antara membanting pda sialan itu dan mencari gantinya yang lebih hibat. Tapi karena blom ada dana yang mesti dialokasikan ke situ ya aksi banting membanting ga pernah terjadi.

Setelah gugling dan tanya sana sini, akhirnya saya tau kebutuhan untuk ganti lcd yang rusak itu sekitar satu juta rupiah lebih dan kurang sedikit. Pas ada acara dolan ke Jakarta akhir Maret lalu saya mampir ke Roxy Mas untuk mencari/mengganti lcd itu. Ternyata ga gampang, karena mesti naik turun dan jalan muter2 untuk menemukannya. Pertama untuk mencari harga yang sesuai anggaran dan mencari barang yang cocok. Dari harga ada yang kasih 400rb sampe 1,2 juta, walau yang 400rb itu ternyata barangnya ga cocok setelah pda diobrak-abrik hampir 1 jam. Akhirnya cari yang menengah saja yaitu 850rb plus ongkos pasang.

Karena buru-buru takut ketinggalan pesawat, ga sempat coba dan cek sampai final pda sudah saya bawa kabur begitu terlihat mau keluar gambarnya …. Dan ketika saya cobain sewaktu di bandara kok respon touch screennya lambat banget, masak untuk kalibrasi screen saja butuh waktu bermenit-menit? Wah ada yang ga beres nih! Keluar sudah keringat dingin membasahi dahi.

Ah mungkin karena OSnya problem, maka saya flash ulang ….. pret … tetap saja luambuat banget. Gimana nih? Kembalikan sudah ndak mungkin, akhirnya masukkan kantong (atau tas? lupa) secara sembarangan. Dor! sesampai rumah di Bali saya coba buka pdanya, betapa kagetnya saya melihat garis tipis vertikan di layar baru itu …. ternyata itu garis pecahan kaca touchscreen. waduh!

Berhari-hari saya diemin itu pda, ga tau harus bagaimana lagi … apalagi setelah tanya di tempat service pda di Denpasar dikasih harga 750rb. Ga mungkinlah keluar uang segitu lagi, uang 1,6 mestinya tinggal nambahin dikit sudah dapat beli lagi, pikirku.

Sampai suatu hari ada temen dari blog ini yang mo jalan2 ke Roxy. Iseng2 saya minta tolong tanya2 harga touchscreen, dan hasilnya adalah 300rb. blom termasuk pasangnya.

Entah dapat wangsit dari mana tiba2 tanggal 26 april kemarin saya nyempatin untuk mampir toko spare part hp. Tanya2 ternyata harganya disitu cuman 85rb (salah kasih harga apa ya?), ya langsung sikat saja. Terus cari tukang pasangnya, di toko pertama kasih ongkos 300rb, alamak mahalnya …. mo pasang sendiri saja ada solderan yang kecil2 banget yang ga mungkin saya bisa. keliling lagi ke tukang lain dikasih ongkos 125rb …. ya mayanlah kerjakan saja.

Hasilnya ternyata masih lamban. Gelo!

Setelah beberapa kali reset dan hard reset ternyata kecepatan touch screennya makin responsif. Malam hari itu juga aku langsung download dan upgrade wm 6.5 core 21500 … dan hasilnya Alhamdulillah …. normal!

END

43 Tanggapan to “BERITA SUKA: Atom Life Kembali Bugar!”

  1. Hallo Pak,
    Setelah berkeliling di Roxy Mas, akhirnya PDA XDA II saya bangkit dari kubur.. tantangan selanjutnya mengupgrade kelas… Apakah untuk XDA II ada upgrade dengan metode yang sama pada Atom Life, yaitu menggunakan SD Card, mohon pencerahannya pak Gus.

    Salam

  2. gus1968 Says:

    @ Faizal

    Memang ada upgrade via SDcard tuk XDA II, tp saya blom pernah coba …
    Kalo mmg usb koneksi sdh ga masalah, tinggal upgrade saja sesuai dengan prosedur yang disarankan. Sama gampang kok. Intinya masuk ke booloader, tancepin ke usb kompie, excute file rom installer dr kompie .. beres.

  3. the raudhah Says:

    Assalamualaikum mas gus
    Alhamdulillah….
    dah hampir 2 bulab saya gak online ternyata mas gus dah bugar lagi,,,(pda-nya.red)
    Alhamdulillah… duh mas saya ikut bersuka deh…
    waktu kecemplung aja banyak ilmu dan content yang mas share ke kita
    apalagi kalo tuh life udah “LIFE” lagi wuaaa….
    sekali lagi selamat ya mas….

    gus1968:

    wa’alaikum salam …
    silahkan kambek bro, … kita saling share lagi …

  4. Hi Mas Gus….

    Selamat, atas PDAnya yg telah hidup kembali🙂

    gus1968:

    Tengkiyu ….

  5. salam jumpa lagi gus, setelah berhasil sekali upgrade atom life standar dengan wm 19199, ketagihan rupanya….kemarin mencoba wm6 versi see02, pas proses upgrade dengan kompi, eh tengah perjalanan di layar kompi tertera “error conect” dan dilayar pidie muncul DSUU mode : please wait ……lama sekali,lebih dua jam akhirnya tak putus hubungannya…kemudian pidie tak idupkan lagi ga bisa hanya tertera …..( please plug-in the usb ccable and re enter the e boot ) DSUU MODE:please wait………
    tak coba upgrde ulang lewat miniSD ROM versi 19199 jadi ga bisa, gimana nih gus ? ada solusi ….ditunggu makasih

    gus1968:

    cek dulu koneksi ke kompie, kalo masih dikenali upgrade ulang pake DSUU.
    atau ulang upgrade dengan minisd, pencet record dan tahan sampai muncul tulisan minisd detected, sambil dicolok reset beberapa detik dan lepaskan. agak sabar, karena kadang2 susah masuk bootloader …

  6. ternyata setelah ganti pake dekstop dah bisa upgrade ke wm 6 see02 gus, lancar…..makasih

    gus1968:

    syukurlah moga ga kapok aja ..
    btw, pake dsuu memang lama (30 menitan) karena itu koneksi pc-ppc mesti perfect ….
    lebih cepet pake minisd cuman 5 menitan, minim resiko ….

  7. ass. wr.wb. terimakasih mas gus atas segala infonya, tiap hari jadi buka forum ini ..eh siapa tahu ada info terbaru he he, jadi seneng oprek atom life nih, btw ada rom pdaviet terbaru apa ya?
    trus ada masalah lagi nih gus, kalau untuk nelpon atau terima telpon kok kayak hang, tombol tidak ada respon dan parah lagi kalau untuk nelpon tiap 13 detik pasti putus hubungan, if terima telpon tombol yes dah di pencet tapi tidak ada respon sama sekali dan penelpon mengira tidak diangkat….saya pikir salah di software tapi setelah saya coba ganti2 rom mulai wm6 19199, wm 6 ori, dan terkahir saya downgrade wm 5 permasalahan tetep sama, tetep 13 detik hub putus, hardwarenya mungkin dah lemah ya gus? ada advice….matur nuwun

    gus1968:

    wa’alaikum salam, trimakasih juga sudah sering mengunjungi blog ini …
    kalau sudah sampai gonta-ganti ROM dan permasalahan masih ada mungkin juga hardwarenya sudah ga normal … tapi sebelum menghakimi apa sudah coba gonta-ganti kartu gsmnya?

  8. wah manjur juga setelah tak ganti im3 kok bisa nelpon tanpa putus seperti biasanya yang putus setelah detik ke 13, tapi ya itu ganti gak bisa terima telpon…..

  9. @ HUMAM

    wah, kok neko2 pda sampean …. apa kata dunia😀

  10. iya nih gus pda ku memang aneh, akhirnya setelah trial and error beli perdana sim dari berbagai operator, pake XL semua problem hilang jadi lancar, yah harus nambah hp rupanya untuk mengamankan nomor lama..he he, btw kinerja atom untuk kantoran cukup memuaskan…………matur nuwun gus

    gus1968:

    kalau yakin ada kerusakan di kartu lama, bisa hubungi csnya untuk minta ganti kok ….

  11. Aduh senangnya yang udah ketauan masalahnya,
    Semoga gak kapok ganti rom n bisa slalu share sama kita2 disini
    O iya mas, biar bisa nerima telp yang masuk ke no yg lama, alihkan saja semua yg masuk ke no yg baru. Gampang kan kaga usah beli hp baru, soalnya aq jg kaya gitu, sayang duitnya.

  12. @ yopi

    kena biaya juga pake forward/divert gitu?

  13. sepertinya nggak mas, tapi kurang tau juga soalnya im3 kurang transparan soal biaya.

  14. jadi sering oprek software nih, kayak ketagihan, memang oke nih atom, tak instal macem2, kerjanya tetep oke, he he kalau rapat jadi pinter sendiri, abis …bisa liat contekan and dasar2 hukum if lagi dibutuhkan saat diskusi………..sementara yg lain harus bawa-bawa buku besar he he..
    and untuk sdr/sdri yopi, maksudnya gimana gus? kartu lama di divert kartu baru? bener gak kena cas tuh ..oleh operator?

    gus1968:

    setahu saya kena biaya sih … mana ada yang gratis jaman gene …. (kecuali aplikasi2 pda di blog ini, hehe ..)

  15. ok seep;;;;

    gus1968:

    apanya yang sip, blih?

  16. kurniawan Says:

    buat mas faizal yg sdh ganti lcd pecah, kebetulan kasus saya lcd xda II s saya pecah, bisa diperbaiki dimana yah?? kalo bisa nama toko dan brp biayanya?? penting banget soalnya

  17. @kurniawan, kemarin atom sy dibanting anak wah lcdnya juga pecah trus ganti, skrg dh sip malah masih dibungkus plastik karena masih garansi 1 bulan, jadi ya agak ribet pas pake stylus……btw servis di semarang plaza biaya dan sparepart kena 600 dah oke….coba aja kontak “servis poin” telp.08157779995 (doni)

    gus1968:

    wah, dua bulan lalu aku ganti lcd di roxy mas jkt malah kena 850rb …
    semarang lebih murah euy ….

  18. kurniawan Says:

    @gus1968

    di roxy nya sbelah mana pak?? penting banget sih soale tuh pda dan data data buat kerja ada di sana semua…

    gus1968:

    lantai I, seingatku dari pintu timur masuk lurus sampe mentok, coba tanya di situ …

  19. om saya beli second neh atom life ,,,waduh kok parah gn yah battrenya saya utak atik dikit dah ngedrop (sy br pk pda ,,awalnya cm hp² komunikator dr nokia)

    gmna yah ? apa ntar say belikan battre yg kw1 katnya 250rb gt om ,,,nah ini lagi om awalnya saya kan pake kartu im3 ,,saya pasang ke atom life ini ,,,kok g bs yah ? no service gt kluarnya ,,,gmna yah ? apa emang atom pilih² kartu??? mohon d jawab mazz plss ,,,saya ke bingunan neh T__T

  20. @ ronny

    kalau masalah boros batre memang atom life boros, meski begitu untuk stanby mampu dua hari dan pemakaian normal bisa satu hari. kecuali kalo sering konek via 3g+hsdpa bisa setengah hari …
    kalau masalah kartu seperti hp pada umumnya kok, saya juga pernah pake IM3, AXIS, XL, Mentari dan Telkomsel ga pernah masalah. coba di cek pake kartu lain kalo bisa mungkin kartu IM3nya yang bermasalah.

  21. @maz gus1968

    iya makash mz saya br taw ….

    iya bner tyt kartunya dr no saya itu aja,,m3 yg laen bs kok ,,,wah hrs d reset ktnya ganti lempengnya ttp no sebelumnya gt kt konternya…azz

    eh iya maz tanyak lg neh atom life os nya pk window yg v.brp ?? klu instal sendiri gmna maz?? mauna d update gmna yah caranya ?? susah gag ?? mohon bantuanya maz..saya msh awam ma pocket pc ,,ehehehe ,,,

    gus1968:

    saya lagi pake rom wm 6.5 xuc 1.2, … upgrade sendiri juga bisa, tapi sebelumnya baca2 dulu caranya di blog ini, terutama di komen2 yang tersebar …
    bisa juga kunjungi dan joint di Group My Atom Life di FB, …

  22. alhamdulillah,.. setelah seharian aku biarkan dan aku coba lagi untuk hidupkan,.. ternyata PDA ku hidup lagi, setelah jatuh dari meja dan dihidupkan lagi malah whitescrenn,.. udah semalaman gak bisa tidur plus nyamuk yang gak kompromi.. sampai malam share ma masgus, paginya aku hunting nyari lcd yang murah nanya kesana-kemari,.entah bisikan makluk apa,kuberanikan diri untuk menghidupkan lagi, ehh hidup kembali O2 sinc tercintaku,..
    tapi mas gus,.. keypadnya jadi macet gt,.. mungkin perlu di serpis yang ahli dalam bongkar PDA,..

  23. @mastiar

    Syukurlah bro, kalo sudah mau muncul gambarnya ….
    kalo masalah keypad ga fungsi biasanya terjadi karena socket kabel fleksi yang nancep di mainboard kendor/tidak fix nancepnya …
    Moga cepet normal kembali ..

  24. assalammuallaikum,..
    masgus,pa kabar nie.. sehat kan?? oh yah, keypad yang gak bisa itu yang ada gambarnya telphon warna ijo iyu lho, yang lainnya bisa, apa ini karena konslet??aku mau hard restart gak bisa karena keypadnya macet, gimana yah mas, kayagnya aku pernah baca2 klo mo hardrestart ada macam aplikasi yang pake stilus ato touchscren aja,, ada info gak mas,.. thanks..
    wassalam..

  25. @mastiar
    saya pikir ga jauh beda dengan atom life yang terdapat socket antara keypad dengan mainboard. bagian ini mudah lepas bila ada guncangan besar.
    coba hubungi servis untuk mengeceknya …

  26. mas gus, atom life aku baru ja kesiram air, trus skrg g bisa dioperasiin lwt layarnya bisanya lewat tombolnya, gmana solusinya?

    gus1968:

    boleh jadi touchscreen/digitizernya rusak dan perlu diganti … sebelumya yakinkan sambungan (solderan) touchscreen ke lcd bersih dari kerak.

  27. pak pda o2 live saya touch screen nya juga bermasalah apakah saya bisa minta no contact atau nama toko di roxy thx’s

  28. @ listiyo

    wah ga nyimpen bro … btw, buka2 di ponseljakarta.com banyak toko pda yang jualan spare part di situ, ada alamat dan no. kontaknya ….

  29. Yth. Kang Agus.

    saya pake XDA Atom, karena lelet + pengen nyicipi OS yang baru, saya coba upgrade. proses upgrade/instalasi sukses, tapi begitu buka yang muncul ‘align screen’ dan ga keluar2. mohon bantuan, gimana solusinya. mohon bs dikirim juga jawabanya ke imel saya di atas. matur nwun, terima kasih

  30. @azzam

    gampang tinggal tap secara presisi di tengah tanda + dan bila tanda itu pindah ke tempat/sudut ulangi tap pada center tanda itu dan seterusnya hingga masuk windows ….

  31. haloo gus, salam kenal, newbie here..

    kemarin dpt lungsuran o2 xda atom life black, tp lid casing silver samping bawah-nya patah,jd agak nganga gt samping kirinya hehe sama deket kamera belakang juga patah. hmm

    any idea what to do? kIra-kira dimana bisa

  32. dimana bisa ganti lid td and stylysnya ya?hehe yg murah please di jkt/bdg…tererengkyu gus ;D

  33. @ nia

    di jkt biasanya ada di roxy mas, bandung ga tahu.
    kalo online bisa ke bursapda.com (sby) beli cashing kirim dan pasang ke service hp.

  34. hoo bgtu.. thanks gus.. tau ga kira2 Biayanya brp gus?
    btw kalo sering di hard/soft reset ada dampaknya ga gus?
    sama aku kalau buka opera mini kok sering tb2 keclose sendiri yaa. tp kalo pake ie baik-baik aja.
    hihi memberondong pertanyaan. thanks ya mas g

    gus1968:

    kalo stylus sekitar 25k kalo lid td (maksudnya lcd?) … ga tau … kalo lcd sekarang kisaran 500-750k
    soft reset sih nyaris ga ada resikonya, kalo hard reset ya agak capek karena mesti backup dan restore data2 dan reinstall aplikasi2 …
    opera mini close sendiri mungkin karena ram kurang …. bisa juga midlet javanya bermasalah … kalo mau coba perbaiki : install ulang opera mini dan javanya …

  35. gimana nis mas,…gue punya o2 atom life , tapi kagak bisa pake kartu im3 , sinyal nya ada tapi kalo telpon masuk gk bisa diangkat gtu…
    kalo pake kartu sesular lain ok, gk da masalah gitu…
    tolong solusi nya y…
    trims…

  36. @robert: Ganti SIMcard ajah. langsung ke indosat.

  37. BozGus..ogut mw nanya nihh…pda ogut kasusnya layar retak. Nah setiap nyalain tu pidie selalu diminta align screen. bgaimana cara biar masuk ke os’nya?
    trus kira2 brapa harga LCD punya ogut ya?trus referensi toko’nya skalian. daerah JKT. matur nuwun BOZGUS

  38. @ oema25

    ya, memang kalo layarnya retak memang begitu ga bisa dikalibrasi lewat align screen. dan karena windowsnya butuh touchscreen ya tertahan ga mau jalan masuk ke homescreen …
    kalo masih mau keluar gambar, belum tentu lcdnya ikut rusak karena di depan lcd ada part yang namanya touchscreen/digitizer yang biasanya lebih rentan pecah karena terbuat dari kaca (apalagi kalo yang bukan ori, lebih gampang lagi pecah karena kurang fleksibel) …
    kalo yang rusak termasuk lcd harganya sekitar 500-750rb (sudah termasuk touchscreen), kalo touchscreen saja sekitar 250rb (ori) kalo non ori sekitar 100rb …
    kalo di jakarta silahkan cari di roxy mas, saya juga pernah ganti lcd di sana …

  39. atom life saya suda WM 6,5…tp pd tampilan pda kok ga ada konektor baterei nya ya…pa da kesalahan atau memang gitu….tlng beri masukan

  40. @yose

    seharusnya indikator batre muncul, tapi lebih enak pake aplikasi tambahan yang bisa didonlot di http://rapidshare.com/files/354745590/BattClock.1.9.CAB

  41. salam kenal mas gus and All,
    minta tlong diberitahu dimana aku bisa download rom 6.5 buat atomlife,
    punya aku sekarang sudah pakai rom 6.1

    trim’s

  42. salam kenal mas gus and All,
    minta tlong diberitahu dimana aku bisa download rom 6.5 buat atomlife,
    punya aku sekarang sudah pakai rom 6.1

    trim’s

    gus1968:

    coba cari di sini : http://forum.xda-developers.com/forumdisplay.php?s=b87a8c0138fa9c2106826e16811bc6ea&f=388

  43. @zulu

    link donlot rom untuk keluarga atom bisa dicari di sini : http://forum.xda-developers.com/forumdisplay.php?s=b87a8c0138fa9c2106826e16811bc6ea&f=388
    hati2, pilih hanya yang untuk atom life …

Komentar ditutup.

