REVIEW WM 6.5 (CORE 21500) BETA 6


pc_capture1Kesan pertama yang beda setelah selesai upgrade ke WM 6.5 adalah tampilan user interface yang bergaya Manila 2D dengan mengadopsi teknologi gesture. Kalo di Manila geseknya kanan kiri, nah di WM 6.5 ini geseknya atas bawah. Begitu juga dengan user interface untuk mengakses program/setting yang beralih dari gaya baris pada Start Menu menjadi tampilan honeycomb dengan tekstur hexagonal untuk setiap program.

User Interface ini didesain untuk memudahkan pengoperasian dengan jari tangan dan mengurangi ketergantungan pada stylus.

Fitur lain yang beda/baru adalah ditambahkannya gaya Slide to Unlock (S2U2) gaya Iphone yang setelah memasukkan sandi kita bisa langsung buka Contact atau Messaging tanpa melalui Today Screen.

Pada Internet Explorer yang masih berbasis IE 6, ada tambahan beberapa tombol di bawah yang lagi-lagi didisain untuk mempermudah penggunaan jari tangan untuk mengakses touch screen.

Mengenai jeroannya nyaris sama dengan versi2 sebelumnya.

Dari sisi performancenya sejauh yang saya rasakan sih normal2 saja, tidak terasa beda dengan versi sebelumnya. Rom ini menyisakan RAM sebesar 19-20MB yang sama dengan standard ROM official versi sebelumnya.

Screenshoots:

pc_capture3pc_capture4pc_capture1pc_capture1

Mengenai versi Beta 7 (Core 21501) sebenarnya hanyalah upgrade minor dari versi Beta 6. Bebarapa fitur yang tidak begitu diperlukan dibuang seperti HTC Comm Manager, meskipun kita masih dapat menginstallnya sendiri secara terpisah. Saya dulu sering gunakan ini hanya untuk mematikan koneksi data, namun ternyata ada cara yang lebih simpel yaitu dengan menekan tombol END agak lama. Kelebihan lain dalam versi Beta 7 adalah ditambahkannya aplikasi SDAutoRun yang berfungsi untuk menginstal aplikasi-aplikasi yang sering kita gunakan secara otomatis lewat Kartu Memori.

THANKS!

97 Tanggapan to “REVIEW WM 6.5 (CORE 21500) BETA 6”

  1. mas,..sptnya udah keluar nih software iphone buat PPC,..silahkan cek dsini http://www.iphonethemeforppc.com/fwppc.php

    gus1968:


    kalo sekedar theme sih banyak Bro, selain pakai wishbar advance desktop ada juga punya spb shell dan iphone. yang kita cari adalah yang bener2 ganti OS ke iphone meskipun kedengarannya ga mungkin. atau paling tidak bukan hanya skinnya yang berubah tapi juga tampilan dalamnya.
    kalau kita pakai theme, seringan apapun akan menambah beban system mengurangi resource/memori yang tentunya melambatkan kinerja.
    btw, it’s a nice info … bagi rekan yang mau coba silahkan kunjungi link di atas.

  2. Pak Gus, lebih tepatnya pak Guru, sekali lagi salut untuk anda, setelah berapa tahun XDA II saya jadi Zombie, karena atom life raib, si Zombie jadi bugar kembali, dipersenjatai WM 6.5…. wuih ndak kalau huebat.

    Terima kasih pak.

    Salam

    gus1968:

    Anda murid yang hebat …. baru telpon setengah menit sudah mampu upgrade XDA II ….. Selamat en ditunggu sharing pengalamannya …

  3. Bila dibandingkan dengan Atom life memang Touch Flo belum mulus, namun ke stabilannya harus diacungi jempol, Tidak menjadi lemot. Stabil. Aplikasi yang saya jalankan mulai dari palringo, Opera 9 semua berjalan baik.

    Satu hal yang lebih dari Atom Life yaitu layar yang lebar…

    Pak Gus mau tanya beli Wi Fi SD card dimana ya.. karena hal yang mengganggu adalah tidak adanya Wi Fi di XDA II

    Salam

    gus1968:

    Wifi SDCard itu produk lama Bro, ga tau masih ada di pasaran atau ga …. btw browsing2 saja ….

  4. waah,..tambah lengkap aja nih mas koleksi aplikasinya,..hebat2,..salut buat mas gus,..

  5. Pak, mau nanya lg ni. sy skrng pake wm6.5 beta 6. mau upgrade beta 7, tapi agak mls, emang berapa sih kenaikan ram yang bs didpt kl upgrade ke beta 7? beta 6 kan Ram sekitar 15-20 mb.

    gus1968:

    kalo free ram sih setara, bro. saya lebih suka beta7 karena ada tampilan batre di top bar seperti gaya2 wm lama.

  6. XDA II? buat yg XDA II mini apakah bisa OS ini Boss Gus??

    gus1968:

    ga bisa Bro buat xda mini, wm 6.5 untuk xda ii yang dipake bro faizal juga bukan rom di atas …

  7. uda ada yang coba beta8.??
    bagusan mana beta8 Original dengan Extend.?

    gus1968:

    yang beda biasanya cuman program bawaan … btw, saya suka yang lite …

  8. wah beta 7 baru pake udah muncul beta 8

    @eben
    apa memang ada dua versi ya untuk beta 8 ???

    mungkin filenya bisa diupload /di share ya

    gus1968:

    bener, hari ini ada yang posting di xda-dev rom 6.5 beta 8 core 21222 tiga pilihan sekaligus yaitu original, extended dan lite.
    link download :
    original : disini, atau disini
    extended : disini, atau disini
    lite : disini atau disini

    try at your own risk!

  9. yang plg bgs yng mana ni? original, extended, ato yg lite? kelemahan dan kelebihan msing2, tlg dpost y!

    gus1968:

    aku sudah coba keduanya, sama2 kurang suka …. extended lebih lengkap programnya dengan sisa ram 17mb.
    sekarang lagi donlot yang ori, mudah2an lebih cocok …

  10. pak gus, yg lite kok malah bnyk software yg diremove kayak IE8? itu kan software ptg

    gus1968:

    iya, namanya juga lite …. btw aku cobain free ram masih 20mb tuh …
    untuk IE disertakan versi lama …., yang saya sayangkan ga ada meter batre di top bar dan internet sharring dihapus.

  11. Ok, ntar kl yg ori dah dicoba, d share lagi y!

    gus1968:

    yang ori sdh coba, free ram 20mb. Program kurang lengkap dibanding extend. Ada aplikasi tambahan spt Market Place, htc task dan album dll …
    btw, aku balik lg ke beta 7, krn butuh meter batre di top bar.

  12. kl soal tampilan sama kecepatan buka file lebih bgs yg mana pak? apakah ada perbedaan yang signifikan?

    gus1968:

    rasanya gak ada beda … saya juga cobanya sebentar banget. sehari 3x ganti rom, kayak minum obat saja …🙂

  13. O ya pak, emang kl beta 6 dan 7 itu dah pake IE8 ya?
    Ram beneran sama katanya ada yng nyampe diatas 25 M, kok saya plg pentok 20 M, itupun hbs di restart. Sy pake beta 6.

    gus1968:


    yang beta 7 memang, beta 6 ga coba.
    default free ram sih segitu, kalo pengen lebih ya pake SKTool ….

  14. Saya coba wm6.5 beta 8 lite
    Yang saya rasakan boting agak cepat, ram 24+, kalau baterai bar bisa ditampilkan dengan menon aktifkan display the clock on the title bar in all program, kalau ie versi lama ngga’ masalah karena aku lebih suka opera mobile, kalau internet sharing aku pakai wmwifiroter, disamping bisa connect lewat bt dan usb, bisa juga lewat wifi, smoga ada mamfaatnya

    gus1968:

    wah, trims atas sharringnya ….
    akan lebih hidup blog ini kalo banyak pengunjung yang rela berbagi info seperti anda ….

  15. aplikasi buat free RAM yang OK, apaan sih.??
    ada yang punya Free memory seperti yang di wm6.1 pdaviet / ‘ga.??🙂

    gus1968:

    coba pake SKTool. pertama tune-up dulu … kemudian tinggal pake free ram kapan diperlukan.

  16. @eben
    coba pake advance config, ntar masuk ke performance terus File system cache size diganti dari 2M menjadi 512 aja, bisa dpt RAM sampai 24 saya.
    Kl nggak coba pake SK Tool, HTCaddicts atau memmaid.

    gus1968:


    thanks for sharring ….

  17. mas gus,..share sedikit nih,..
    untuk beta 8 aku suka dgn yg lite, free ramkubs mpe 26MB,…itu udah termasuk aplikasi advance configuration,htc task manager,htc free ram,google map,opera,ma ibatteryv02.
    untuk battery silahkan pakai aplikasi yg bs didownload dsini http://www.1800pocketpc.com/2009/03/09/ibattery-02-battery-meter-for-windows-phone.html
    aplikasinya kecil bgt dan iconnya brp garis sepanjang lebar lcd ppc kita,..dan kerennya iconnya muncul disetiap halaman dippc kita.
    thx mas gus,..semoga bermanfaat.

    gus1968:

    trims! wah, jadi pingin balik ke lite lagi ni ….

  18. pak gus sy akhirnya pake beta 8 origin, tampilan batere emang gk menunjukkan presentase sisanya tp gk masalah kok, sekarang yang jd mslah sy kn menginstall htc task manager, tapi tidak bs muncul di pojok kiri atas, padahal itu cukup ptg bwt menutup aplikasi yang lg jalan. cat “task manager bawaan bukan bikinan htc.”

    gus1968:

    harus install htc task manager bro, bukan yang bawaan windows ….
    btw kalo sudah install adan tidak kelihatan, ya diuninstall dan install ulang.
    kalo mo donlot di SINI.

  19. gak kok, ternyata bwt mengaktifkan HTC task managernya diminta install HTC boot launcer dulu. sekarang dan beres.
    Btw, kl bosen dg informasi yg ditmpilkan di layar today, bisa diubah, pake titanizer aj. Sekarang dah keluar yang titanizer6.5, cukup stabil. Kt bisa menambah info weather, facebook, favourite contac, windows live, dll.

    gus1968:

    bagi yang mau coba, cek info DI SINI.

  20. Pak, ak cb nenginstall SHDC driver, tu sebenernya fungsinya bwt apa? bener ya kl stlh menginstall, PDAku bs dimasukin memory SHDC? Kl bisa sampai kapasitas berapa?

    gus1968:

    saya kira ga perlu driver kok, mulai wm 6.1 sudah support.
    saya ga tau batas maksimal kapasitasnya, ada yang bilang 8GB.
    btw, saya pake 4GB ok2 saja …

  21. Zhao Yun Says:

    Wah………makin rame aja ya di ajang wordpress PDA ini.. Pertama-tama, selamat buat mas gus yang sudah menemukan jati dirinya kembali, jadi bisa ikutan eksperimen ini. Ada bbr hal yang ingin saya tanyakan:
    1. Menurut berita, Microsoft akan rilis WM6.5 tanggal 11 mei, berarti kemarin. Sudah ada info mengenai platform yang compatible untuk OS baru ini? Atom Life termasuk gak ya?
    2. Room cookingan 6.5 versi beta kayanya masih ada bug ya, agak ragu2 mau install, apalagi masih ada bawaan nama beta, hehehehe. Kalo udah full ato final version baru ok tuch. PDAVIET yang buat ato gimana?
    3. Sekarang ini saya masih asik2 aja pake PDAVIET 20764, free memory sekitar 21 MB, agak lemot terutama pada saat menyalakan kamera. Kira2 worth gak ya kalo saya upgrade ke wm 6.5?
    4. Dari delapan versi beta yang udah ada, versi mana yang kira2 paling stabil ya? Kalo versi lite gak terlalu demen, soalnya plain. Ada suggestion? Bisa di bantu linknya?
    5. Sudah berbulan2 cari silicon case buat atom life, dijakarta ada yang jual gak ya? Terakhir mau nitip temen beli di melbourne, ada 2 warna black n white. Ada info gak ya kalo silicon case ini di jual disini?

    Thanks ya mas gus udah diijinin share, udah lama juga nich gak aktif

    gus1968:

    Trims atas sharenya ..
    1. Betul versi full/non beta sudah dirilis, artinya sebentar lagi akan ada versi full versi kukingan. Kalo yang official kayaknya ga bakalan o2/mwg keluarin kecuali gadget keluaran baru … percaya saja, mereka itu pelit ..
    2. Nama beta khan karena niru microsoft yang baru saja rilis fullnya, basicnya dari situ. Kan ga mungkin mendahului ….
    3. Jelas lebih afdol dengan upgrade wm 6.5 …. apalagi kalo sudah pernah upgrade, upgrade lagi atau malah downgrade ga masalah.
    4. Mulai versi beta 7 sudah stabil dan minim bug, kamera juga lebih ok dibanding wm 6.1
    5. Ada kok, di Rimo Denpasar barusan ketemu. Sayang kualitasnya lebih baik yang saya punya … habis sudah licin dan mengkilap!

  22. Zhao Yun Says:

    Sorry ada yang ketinggalan……..kayanya ada aplikasi FACEBOOK ya, belakangan ini menjadi social “not working” bukan “net working”. Hehehehe. Tolong yang udah menggunakan OS baru ini, di share screen shotnya………….Thx ya everybody

    gus1968:

    kayaknya yang pernah saya posting linknya bermasalah, nanti saya cariin lagi …. banyak pilihan kok.
    btw, saya lebih suka pake Opera Mini dan Palringo untuk chatting.

  23. Mas gus, opera mobile v 8.65 udah pernah nyoba?, cepat mana dari opera mini?, aku suka opera mobile karena bisa multi page.
    Palringo ada avatarnya ga mas, sekarang aku lagi pakai nimbuzz, ada avatarnya

    gus1968:

    Aku kadang pake Opera Mobile 9.5 Beta meski sekarang lebih sering pake Opera Mini karena kecepatannya ….
    Opera Mobile punya kelebihan multi tap dan ga ribet kalo mau donlot ..
    Palringo ga keliatan/nampilin avatar, aku pake karena Palringo itu multiplatform yang ada facebook chattingnya saja.
    Sayangnya tulisannya kecil banget …

  24. rekan2 semua, mohon bantuannya
    tune up pada SKTools itu gimana caranya, maaf aku benar2 awam soal ini, tolong dijelaskan, terima kasih sebelumnya

    gus1968:

    buka SKTools, trus excute Optimize! —>Action —> pilih Performance atau Memory. System akan reset dan selesai, cek berapa free memory sekarang …
    Boleh juga pake Tune Up!, kostumisasikan dengan meng-edit masing2 entry … —>Done!

  25. Thank you mas gus
    Alahamdulillah free ram saya sekarang 27.41.
    Ada sedikit info dari dari saya untuk bahan pertimbangan bagi yg suka chat
    Dari sekian banyak messenger client yg pernah saya coba spt yamee, agile messenger, palringo, dll (ada sekitar 10 buah).
    Semenjakan tahun2002 sampai pertengahan 2008 saya memang setia sama agile messenger, disitu cuma ada 4 flatform (tanpa facebook). Tapi di zaman itu facebook belum ada.
    Semenjak kemunculan facebook, pertualangan dimulai lagi mencari messenger client yg cocock, syaratnya multi flatform, freeware atau ada cracknya. Akhirnya saya merasa cocok dg nimbuzz, disitu ada 15 flatform (termasuk facebook) disertai avatar masing2 contack, contack masing2 account bisa tampil secara bersamaan disertai logonya, tulisannya lumayan besar. Bisa multi chat dan chat comfrence, (kecuali facebook). Semoga ada mamfaanya.

  26. Mengenai opera mobile 9.5 beta saya setuju sama mas gus, memang lemot, kalau opera mini pakai atom life saya belum pernah coba, waktu pakai xda II, opera mobile 8.60 dan mini kecepatanya berimbang dan saat pakai xda IIi, aku coba bandingkan opera mobile v8.65 dg mini cuga tak kentara perbedaannya.
    Menurut saya 9.5 Beta diperuntukan buat pda yg mempunyai ram gede, karena memakai ram sangat besar, aku pernah uji sisa ram diatas 20 mb, sebelum mengaktikan 9.5 beta, dan saat browsing saya cek ram dibawah 10 mb. Bahkan pernah sampai blank, dan musti di soft reset. Akhirnya saya kembali ke opera mobile v 8.65 sisa ram diatas 10 mb. Saya nggak perlu kwatir kehabisan ram apalagi sekarang udah pakai sktools dari mas gus, sebelum browsing free ram, jadi stabil, enjoi and having fun, kalau sebelumnya buat ngosongin ram saya musti soft reset, thanks lagi buat mas gus for sktoolsnya.

    gus1968:

    jadi pingin downgrade opera mobilenya ke v 8.65 …. thanks!

  27. Zhao Yun Says:

    Thank you nich mas gus untuk responsenya, jadi gak sabar untuk upgrade ke 6.5, untuk bahan pertimbangan, lebih bagus beta 7 ato 8 ya? Terus kalo versi 8, sisa ram tolong di info donk untuk yang extended, lite sama standard. Mohon dishare yang udah pernah mencoba tiga versi ini. Ngomong2 mas gus, kalo di jkt ada yang jual gak ya silicon case atom life ini. Ada yang bisa kasih info dimana saya bisa beli? Thanks

    gus1968:

    coba sendiri saja langsung, kalo bisa ketiganya ….😀
    kalau di jkt, di roxy mas kan gudangnya …..

  28. @Zhao Yun: sedikit komentar aj, sebelumnya ak jg pernah pake yang beta 6, cukup stabil sih! tp skrang ak pake yang beta 8 Ori, sama stabilnya, RAM jg sama besar. Cm disini udah ada tambahan beberapa aplikasi (walaupun tidak begitu penting), Kl soal kecepatan akses data ak msh setia pake bawaan IE8, speednya bs cepat kok asal fitur HSDPA diaktifkan, cm ya itu td batere mnjd sangat boros. Kalau saranku sih coda yang beta 8 ori atau beta 7! Kl yng extend katany lebih lengkap cuma di message agak kacau, Kl yang lite malah beberapa fitur dikurangi,
    O ya, ak baca dibeberapa forum katanya dg ROM yang sama ada yng stabil dan ada yng kurang stabil. So, kl mau upgrade tolong diperhatikan langkah2nya dengan benar!!!!

  29. Zhao Yun Says:

    @nandar: thank you buat responsenya, bisa dishare gak screen shot dari 6.5 beta 8 ori? Terus maksudnya cukup stabil itu gimana? ada minor bug? nah terus yang paling penting nich, aku udah download dari xda developers versi 8 ori…..nah filenya itu kan dalam bentuk al1.dio

    Kalo aku copy file diatas lgs ke dalam mini sd yang sekarang dipake bisa gak? masih ada sisa space sekitar 100mb? ato mendingan aku format baru dan backup isinya ke kompi? Ngomong2 free ram versi 8 ori sekitar 20an ya?

    gus1968:

    MiniSD harus format dulu, copykan AL1.DIO ke MiniSD, trus msk bootloader dg tekan dan tahan tombol Record, colok tombol RESET beberapa detik en lepas, tahan dulu tombol Record sampai muncul tulisan, baru lepas.

  30. Sprti kata pak Gus, emang hrs diformat dulu, kl mau gmpng format pake kmptr aj, pilih yang FAT! jgn lupa diback up dulu datanya.
    Mslh sceershotnya gak ada perbedaan sama yg diforum ini, cm sbgai gambaran tidak adanya bug, sampai saat ini PDA saya tdk pernah hang mmbuka aplikasi apapun. Soal speed msh rata2 gk kerasa jauh perbedaan dg beta 6 tp jauh bgt jika dibandingkan WM5 bawaan, sbnrnya speed bisa dinaikkan kok dengan mengubah setingan cpu dari best power menjadi best performance cm risikonya lebih boros! Memori RAM sekarang kisaran 16-22 m, tergantung pemakaian. tp itu setelah saya menginstall cukup bnyak aplikasi (terutama yg menyedot ram) sprti htc boot launcer, htc task manager, titanizer beserta aplikasi2 pendukungnya seperti titanium weather, windows live, ATCfav, dll, disamping aplikasi2 yg menurut sy penting jg sprti rar, linsoft dictionary, pim back up, nimbuzz, java emulator, SK tool, adobe reader, commanager, advance config, dll
    Trs untuk menambah Ram, beberapa trik bisa dg SK tool (temporary), tp kl mau penambahan itu permanen bisa dg mengecilkan file cache size (pake advance config), catatan, RAM saya sempat mencapai 24m,
    Itu aja, maaf pak gus tulisannya terlalu panjang!

  31. Zhao Yun Says:

    @nanda @gus: Udah saya oprek ke beta 8 ori seperti saran dari nandar. Jauh ya bedanya terutama dari sisi kecepatan, kalo dibandingin dengan wm 6.1 versi 20764. Free ram sich sekitar 16 – 20mb, itu juga udah pake SK tool. Sampe saat ini dicoba stabil sekali, tidak ada bug. Nah tadi sebelumnya diomongin masalah titanizer, bisa kasih link mengenai ini, pengen coba juga, mirip2 sama SPB n manila2D gak? Terus beda HTC task manager sama Task manager bawaan apa ya? Terus satu lagi, tolong dibantu time synchronizer donk, ada yang punya…Sori kalo terlalu panjang. Thx

    gus1968:

    penjelasan Bro Nandar sudah cukup lengkap dan akurat.

  32. titanizer, bs dicari lewat google, yang terbaru udah versi 6.5, tp kl suka mengedit registri bisa jg download chome editor, kl tampilan titanizer gak signifikan y, mirip aslinya wm6.5 cm fungsinya bwt menambah info d layar today aj spt weather, favorite people, office, dll intinya cm bwt mengubah info pd layar todaynya,
    trs beda htc task manager sama bawaan, kl yg task manager bisa ditampilkan di layar today di pojok kiri atas, tp sblmnya hrs menginstall htc boot launcer dulu,
    satu lg, kl mau nambah ram yg agak permanen, coba pake advance config, buka performance, trs file cache size diubah dari 2M ke 512!


    gus1968:

    lanjut Bro ….🙂

  33. Wah jadi ga sabar untuk upgrade ke WM 6.5 beta 8 ori nih🙂

    gus1968:

    jangan ketinggalan ….

  34. Hi bro bro yang baik,

    Ada yang tahu ROM 6.5 untuk O2 Flame? kalau tahu boleh di sharing ya

    gus1968:

    whaaaoooo .. mo ganti ke flame?
    kalo forum khusus flame ada DI SINI!

  35. wah, dah pada mau ganti PDA aj!
    Gak pingin nyobain HTC snap, Touch Pro2, ato Diamond2
    hehehe tu keluaran HTC yg baru, katanya sih lebih powerfull

    gus1968:

    gak muluk2 ah, pingin juga layar yang lebih gede (tapi ga kegedean) ….. it’s o2 flame!

  36. DI SINI dimana pak Gus,…. setelah dicurinya O2 Atom life saya, saya mempercantik XDA II lama saya, dari performa (memakai OS 6.5) sampai sekarang saya puas bahkan dengan layarnya yang lebih besar saya bisa bilang lebih nyaman dilihat, namun kekuarangannya adalah tidak ada Wi fi sehingga berselancar menjadi mahal (ndak bisa cari hot spot gratis),
    Ada XDA IIi yang memiliki wifi, setelah googling sana sini saya tahu tipe ini adalah tipe yang tidak bisa diperbarui ROM nya.
    Pencarian berikutnya adalah Flame, namun saya belum tahu apakah flame seluwes Atom atau XDA II.
    Please share ya bila ada yang tahu…

    Salam damai…

    gus1968:

    terlalu bergairah jadi ketinggalan linknya …. silahkan coba lagi, bro!

  37. uada pada ‘ga betah dengan Atom_Life yaa..??
    ane naksir berat ama Diamond_2.. tapi, harganya berapaan yaa.? apamungkin Rp.900rebu, pluss atom_life ane..🙂🙂

    @gus
    ke’nya tetap setia dengan produc O2 yaa..?
    emang flame masih ada jual baru, harga 2nd berapan sih.??

    gus1968:

    bukan masalah setia ni, pingin gedenya saja kok ….xda flame bekas 3.5-4jt

  38. mas gus, download rom 6.5 beta nya dimana mas?

    gus1968:

    wo, disini bro, …

  39. jimmy1981 Says:

    mas gus

    numpang tanya

    pda saya atom exec

    kalo mo upgrade wm, bisa di upgrade sampe mw brapa yah

    trus step by step upgradenya bisa diliat dimana yah

    skalian romnya juga

    sori banyak nanya mas

    belum pernah ganti rom soalnya

    salam..

    gus1968:

    silahkan meluncur ke SINI : http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=446730

  40. thx buat linknya mas gus.
    mas gus, punya crack buat opera 8.65 mas gus?

  41. jimmy1981 Says:

    mas agus

    nanya lagi, biar ga sesat di jalan

    dari baca2 blog mas agus saya jadi ngerti utk upgrade ada 2 cara
    dari pc dan sd card.

    kalau rom dari link yang mas agus kasih sebelumnya, baiknya pakai cara yang mana? pc atau sd card? apa cara upgrade dari sd card sama seperti yang mas agus ajarin?

    masuk ke boat loader dgn cara tekan power, record dan tusuk reset?

    maaf banyak nanya mas

    biar pasti.

    salam

    gus1968:

    untuk exec kayaknya pake pc bro, tp saya belum yakin … btw diexplore saja di link tsb.
    opera nanti dulu, saya lg lancong di jawa nih …

  42. @erwin
    saya punya cracknya, tapi saya udah lupa linknya, kalau mau dishare disini aku tak tau cara uploadnya, kalau mau inulnya tlg device id

    gus1968:

    upload di megaupload saja :
    http://megaupload.com
    browse ke folder di pc/ppc trus klik upload. hasilnya dicopas di sini.

  43. dodowicaksono Says:

    hi mas gus aku ngikutin terus perkembangan dunia pda di sini hehehe makasih bnyak yg bisa membantu cuman mslhnya WMku masih WM6 bisa minta untuk WM6.5 kirim linknya di emailku ya
    tank’s

    gus1968:

    boleh tau pake gadget apa? lebih baik diskusinya di sini saja biar temen lain bisa ikut merujuk …

  44. mas, udah saya upload di megaupload, trus gmn lg mas

    gus1968:

    kan ada link yang ditunjukkan sebagai link donlot, nah tinggal dicopy dan pastekan ke blog ini untuk sharing ..

  45. thx banget mas yopi udh mau bantu. device id saya ‘ Erwin ‘ mas.


    gus1968:

    id device ini bukan owner lho, … tapi sudah ditentukan oleh opera … karena itu buka opera dan cari register ..

  46. @erwin
    coba buka opera mobilenya –> menu –> register. dsitu ada nomor device idnya

    gus1968:

    ini aku dapet link donlot Opera Mobile v8.65 Full release + Flash 7 + Keygen :
    pertama donlot file ini : http://rs100.rapidshare.com/files/82102973/get.pl_id_29906_location_148_nothanks_yes_sub_marine
    kedua rename menjadi Opera Mobile v8.65.cab dan install ke ppc cari id device (bukan owner) di register,
    ketiga donlot keygen di : http://anonym.to/?http://rapidshare.com/files/82103688/Keygen.exe dan jalankan di pc trus masukkan inul di ppc, ketiga donlot dan install file : http://anonym.to/?http://rapidshare.com/files/82103981/fp7_ppc_en.cab trus reset dan jalankan opera buka metrotvnews.com dan lihat apa flash dan video streamingnya mau jalan ….

  47. Nanya lagi deh;

    kl untuk upgrade ke wm 6.5 beta 9.2 yg baru di bthkan min brp GB miniSDny and keuntungan/kerugian dibanding beta lainnya ap plus link ny jg y mas?…kl untuk xda atom life max miniSd nya brp?..ktnya dah ada yg terbaru dr beta 9.2 ya, ada link nya g mas?..Diantara smua wm 6.5 yg paling kinerja fitureny baik and sdk mslh nya beta brp ya mas? Kbtlan ku pk XDA Atom life White..([mksih mas..

    gus1968:

    untuk upgrade ke versi 6.5 (terakhir XUC 1.2) butuh minisd 2gb atau kurang, … dibanding versi2 sebelumnya tentunya sudah banyak pembenahan sehingga lebih stabil dan minim bug, tapi ingat untuk upgrade harus pake minisd sebagai media, kalau minisdnya lagi ga kebaca kan ga bisa …?
    lebih baik benahi dulu minisdnya agar terbaca dan harus perfek (gak boleh main2, kesenggol dikit mati) untuk menjaga agar tidak tidak gagal upgrade …

  48. waduh mas gus, thx Bgt buat linknya mas.
    bener2 bermanfaat bgt nih mas. sekali lg thx mas.

    gus1968:

    sama-sama bro … lanjuuut ….

  49. mas, gimana cara menggunakan internet sharing di wm 6.5 lite mas? karena di wm nini fasilitas untuk internet sharing di hilangkan mas.
    mohon bimbingannya.

    gus1968:

    kalo saya pake PDANet, jadi ga perlu internet sharing lagi cari linknya di halaman INI DIA 15 APLIKASI FAVORITKU .. atau di INSTALL AND UNINSTALL ..
    bisa juga pake wmwifiirouter ….

  50. ok mas, udah di coba dan sukses mas. thx..

  51. Buat rekan2 yang bermasalah dengan VTCall dan Sim Tool Kit, coba lihat link http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=490978&page=92

  52. mas saya punya xda atom life, wm6 pro bisa di upgrade ke mw6.5 gk? gmn caranya?

  53. @ mas gus. versi 21812 akan segera keluar……….ada beberapa perbaikan yang akan dilakukan terutama untuk versi lite:
    1. No titanizer
    2. Add internet sharing
    3. Remove remote desktop
    4. Remove Microsoft Myphone
    5. Remove live search
    6. Remove Search Phone
    7. Video Call Feature Fixed

    Mungkin ada beberapa lagi yang dirubah……tapi saya masih nunggu versi terakhir dari wm 6.5 yaitu 21999…………seharusnya sich mendekati sempurna, jadi embel2 beta bisa di hilangkan………

    sekarang saya masih pake 21728 (beta 1.25), udah sekitar 2 mingguan…..so far, saya cukup puas saya mas gus…..kendala cuma free ram aja……..tapi itu karena saya pake SPB MObile shell 3 sama photo contacts pro (dua program ini RAM EATER) sekali..tanpa dua program ini free ram sekitar 24MB…..

    Ditunggu commentnya mas gus……..

    gus1968:

    SPB Mobile menjadi aplikasi ‘wajib’ akan lebih enjoy kalo downgrade ke core 20931 atau 19971 wm 6 ….

  54. Galih Pandityo Says:

    mas gus, saya bingung nih, saya udah download wm 6.5 yang versi 21812, nah pas saya mau copy ke memory card kok ga bisa ya? tulisannya can’t extract the file not enough memory, padahal memory cardnya udah saya format, kira2 kenapa ya? thanx mas

    gus1968:

    extract di pc dulu, hasilnya copykan ke minisd …..

  55. mas, saya kok gak bisa ya connect internet pake wmwifirouter ke pc. di pc cuma ke detect local area network, tp gak bisa browsing mas. di status lan juga cu,a sent aja yg jalan, tapi receivenya gak mas. ada solusi gak mas, mw di jadiin router nich mas.

    gus1968:

    kadang wmwifiirouter masih suka ngaco, bro … kadang bisa kadang enggak. akhir2 ini saya enjoy pake PDANet (plus SOTI Pocket Controller biar pda tampil di layar) … kadang pake internet sharing (namun SOTIna mati) …

  56. Sedikit riview wm 6.5 beta x2 lite (21812)
    Setelah dua hari pakai rom ini, saya merasa ada sedikit kekurangan
    1. Pakai keyboard default akan kuncul underline disetiap huruf kemudian hilang, tetapi itu tidak menggangu, yang jadi masalah kadang cursor pindah sendiri ke 1 atau 2 karakter sebelumnya. Hal itu bisa diatasi dengan pakai spbkeyboard dari mas agus, thanx mas.
    2. Kalau pakai mode lanscap, keylock, sewaktu layar dihidupkan kembali untuk membuka kunci tidak akan ditemukan, hal ini bisa diatasi dg hardreset.
    Sejauh ini saya enjoy dg rom ini, karena responsif dan stabil
    Hanya itu review dari saya mungkin ada yg lain mau menambahkan

    gus1968:

    yang nomer satu aku sering alamin …. nomer dua ga, karena ga pernah pake landscape..
    trims…

  57. Boz gimana langkah2 nya mengupgrade rom
    filenya dimana downloadnya
    ada pengaruhnya enggak dengan ketahanan bateraynya
    punya saya o2 life masih ori tapi batery cepet habis, saya rasa wajar soalnya ditempat saya jaringan selulernya agak payah, gak tahan sampai 24 jam

    gus1968:


    langkah2 upgrade ada di blog ini atau gabung ke group ini : http://www.facebook.com/home.php#/group.php?gid=90096764793

  58. Pakada software contact yg bikin tampilannya mirip contactnya HTC nggak?

    gus1968:

    ada yang mo bantu nandar?

  59. Galih Pandityo Says:

    mas gus saya mau tanya, saya baru download opera 9.7 yg turbo, stiap saya mau pake opera selalu muncul tulisan not enough memory please close some application padahal saya ga lagi buka program apa2 mas, oia saya udah pake wm 6.5 ya 21812, rom yang ini ngemakan banyak ram ya mas? kalo saya pake titanium wm7 sisa ram saya jadi tinggal 9Mb, apa emang wm 6.5 21812 itu boros ram ya mas? thanx in advanced

    gus1968:

    wah opera 9.7 memang diperuntukkan bagi pda2 baru rang rata2 ramnya diatas 128mb, … so masih lebih hemat ram versi lamanya terutama yang v.8.65 ….
    rom 6.5 baik yang ori maupun lite sisa ram setelah upgrade masih 24mb-26mb, dan memang seiring pemakaian bisa tinggal 15mban … namun kalu sampai 9mb itu berarti jarang soft reset ya?
    btw, mesti install SKTools untuk tweak ram …..

  60. wah mas gus thanx berat atas ilmu kanuragannya heheheheheheehe, oia mas mau nanya lagi dunk, kalo setting push e-mail di atom life gimana caranya ya? saya bingung banget, apa jangan2 atom life ga bisa buat push e-mail ya?

    gus1968:

    kalo mw cuman sedia direct push, coba cari di setting message … tp, mesti manual atau periodik otomatis ….. ga real time.
    kalo push mail bisa pake emoze atau seven …

  61. assalamu alaikum mas gus…
    saya baru download rom wm 6.5 artemis, tapi isinya hanya *.dip file, gimana yah cara updatenya di htc artemis

    gus1968:

    sebelumnya maaf, bro. saya belum pernah upgrade htc artemis jadi gak layak kasih tau cara upgradenya …
    tp, silahkan baca2 dulu di thred yang bahas di sini :
    http://forum.xda-developers.com/forumdisplay.php?f=362
    soal upgrade ga perlu buru2, baca dengan teliti dulu petunjuknya … bila ada yang ga jelas jangan malu bertanya …
    trims …

  62. Zhao Yun Says:

    Mas Gus…versi baru udah keluar 23001……silakan dicoba…saya sudah test…ada sedikit improvement terutama di sisi speed n stability….ini linknya mas…..http://www.sendspace.com/file/c7149a dan http://rapidshare.com/files/250909495/Life23001-Lite.zip (versi lite) versi orinya http://www.sendspace.com/file/bx7xx9 dan http://rapidshare.com/files/250908237/Life23001-Ori.zip

    gus1968:

    trims atas apdatenya …. yang mau coba monggo ….

  63. Bozz,,punya ROM WM6.5 untuk dopod 818 pro?thanks

  64. @eten

    coba baca-baca dulu di sini bro : http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=532122
    sebelumnya pastikan dulu bahwa rom ini memang khusus untuk merk/type pda anda. kalo ga cocok merk/tipe resiko mati total ….

  65. Pak Gus, kok akhir2 ini koneksi internet gak bisa ya? Pak Gus mengalami hal yg sama nggak? Ak pake Telkomsel n M3, setingan lewat auto configurator. Pas ak coba pake setingan dr Pak Gus jg gak bisa.

  66. @nandar

    memang akhir2 ini telkomsel flash ga stabil. bahkan saya sekarang harus puas dengan speed up to 64kBps, setelah hampir 1th diumbar sampai 256kBps tanpa quota … hingga, perbulan rata2 d/l di atas 5gb.

  67. kayaknya bkn pada operatornya deh pak, cz sy cb ganti M3 jg gak bisa connect k internet. Pak gus pake atom lifenya bs connect gk ke internet?

  68. maaf aku mo nanya dikit nih.. aku dah upgrade atom dengan rom 21806.. ada beberapa masalah.. g atu knp.. kadang 2 sistim operasinya frezee.. layar jdi putih semua… terus g bisa baca mini sd 2gb.. klo di paksa hange.. meski mini sdnya dah di format.. tolong donk klo da informasi buat jalan keluar masalah ini..

  69. @ timbul

    coba hard reset sekali atau dua kali setelah upgrade ….

  70. iya mas udah sampe cape yg hard reset.. udah di coba beberapa kali flash ulang dari mulai all, os+ext,os+eboot.. juga sama aja hasil nya..klo pilihan auto instal yg dalam bahasa vietnam di pilih no.. lumayan dah g frese ato layar jdi putih lg.. tapi klo tetep mini sd g bisa.. tpi program lain masih sering hange.. ato ada rom wm 6.5 yg lebih stabil mas.. thank s info nya..

  71. klo upgrade, pilih yg OS+EXTENDED
    pas disuruh install jgn install resco explorer n registry nya.
    yg laen yes2 ajah.

    btw jgn lupa hard reset 1x sebelum n sesudah upgrade.

    sekalian mw numpang iklan niy.,
    (mohon ijin mas Gus. klo sekiranya menyimpang, silahkan postingan ini dihapus) hehe…

    buat temen2 yg domisili surabaya dan sekitarnya:
    saya punya usaha jasa upgrade PDA
    Support hampir semua type PDA.
    bagi yg punya masalah ama PDA nya silahkan coba hub. saya.
    insyaAllah saya bisa bantu.
    biaya mulai 100rb ajah.

  72. mas makasih infonya..aku dah coba semua.. tapi tetep aja mini sd nya g bisa di pake.. padahal pas pake wm 6.1 normal aja.. but thank for infonya..

  73. dah coba yg core23009?
    tp klo menurut pendapatku,
    yg plg bagus wm6.1 core20764 clean. buatan Sonblack. soale freeramnya besar n hemat battre. STK jg jalan..

  74. core 20764 ma core 20765 bagusan mana.. sayang nya aku g terlalu suka manila 2d.. klo core 23009 apa sih ke unggulan nya .. makasih ya info nya

  75. Core 20764 CLEAN NO MANILLA.
    23009 lebih stabil drpd Core 21806.
    tapi ya gtu… khas WM6.5. RAM boros n klo battre kurang dari 50% suka restart2 sendiri.

  76. soryy OOT, salam jumpa lagi gus, setelah berganti-ganti rom dan terakhir kembali ke wm 6 02, ternyata atomku ada masalah yg sama yaitu gak bisa untuk operator simpati : fakta
    1. setelah sy amati simpati bisa normal di atomku jika pas di daerah dengan sell frekwensi 3G umts 2100
    2.apabila pindah luar kota yg frekwensinya tidak 3G langsung deh tdk bisa dihub dan menghub..padahal di layar tanda sinyal penuh (edge)
    3.selain telkomsel tidak ada masalah
    gimana gus?apa mungkin hardwarenya ya…….mungkin jugg rekan-rekan lain tahu solusinya atas problem atom tersayang..makasih

  77. @humam
    Telkomsel emg suka error. apalagi klo kartu lama.
    solusi:
    ke Grapari, trus minta ganti simcardnya.

    aq juga ngalamin gitu pada beberapa device. dan itu satu2nya solusi coz aq dah coba bermacem2 cara.

  78. mas Oza, problemku sama spt mas humam, sudah aku coba ke grapari untuk ganti simcard masih tidak bisa.
    Ada solusi lain gak ?
    Makasih

  79. Mas gus yang baik, PDA atom life saya kalo nyawa batere uda di bawah 50% pasti sering mati & reset sendiri, kenapa ya mas? ada solusinya? adakah teman2 yang lain mengalami kejadian serupa?
    saya uda upgrade rom dari WM 5 ke 6 (dari seeo2) namun tetap sama.

    Tks before

  80. pak gus, saya baru pertama pake pda niy, saya pake mwg atom v. ada yang mau saya tanyain.
    1. klo mo up grade ke wm 6.5 yg pas versi mana ya ?
    2. syaratnya apa ya ? memory saya masih bawaan dari sana (1 GB)
    3. boros batere ga ya klo up grade ke wm 6.5 ?
    4. ram/rom sama ga ? bisa di upgrade ga ya ?

  81. @malu

    saya curiga batrenya yang sudah lemah bro, …

    @hadi_tama

    maaf bro, saya belum pernah pakai mwg atom v, jadi ga bisa kasih referensi … mengenai konsumsi power di wm 6.5 sih gak beda jauh. yang beda justru pada managemen ram yang lebih boros. ini yang kadang bikin susah pada device dengan ram 64mb.

  82. Mas Gus,
    saking asyiknya upgrade ROM sampai sehari bisa 3 kali ganti hehehe

    ngomong2 mau nanya nich kalau format filenya DIMING.nbh bisa gak ya untuk atom lif…..atao hanya ALI.dio saja……

    gus1968:

    yang saya tahu rom untuk atom life adalah AL1.DIO … selain nama dan tipe itu belum pernah ketemu. bila tidak ada arahan yang dapat dipercaya mohon jangan coba2 upgrade, karena seperti kita tahu upgrade lain tipe pda berakibat mati total …

  83. DIMING.nbh?
    dpt darimana bro?

  84. @All:
    sy pke wm 6.5 23052_ori. Pas nyoba video call kok video lawan bicara gak muncul ya???
    Klo yang dipostingan http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=490978&page=92, yg masalah klo gak salah si peneleponnya yang gak bisa liat videonya sendiri…
    Any idea?

  85. baru beli battery IPAQ HP 6828 yang katanya support buat ATOM LIFE
    Pertama di charge musti 6 jam dulu….setelah di test hanya terisi 65%. Langsung di test browsing internet nonstop (youtube ) pakai jaringan HSDPA WM 6.5 bisa tahan sampai 3jam normal gak ya……
    Lagi di coba Charge lagi sampai Full…..

    Bagi yang berninat beli battery seperti ini di jakarta ini alamatnya
    M2M lt.3 Toko PDA
    dapet harga 120rb garansi 1 bulan (di tawar dulu}
    murah ga ya….???
    mudah mudahan tidak ada masalah

  86. @Ronald
    batterynya merk apa bro? mw dunk… 3,5 jam nonstop youtube pke HSDPA termasuk awet bgt tuh!

    murah pisan… cuman 120rb…

  87. mou jg Bro Ronald

  88. wah udah lama gak nongol…..makin rame aja nich……mas gus review donk ROM baru Wm 6.5 23071 dari si Bajok, Chriscsh udah stop buat ROM denger2 gosip dia skrg pake BOLD…hehehehehheeh….anyway kalo udah ada yang pernah pake versi 23071 ini review donk, terutama mslh speed sama sisa memori……..versinya cuma ada satu gak ada yang lite untuk versi ini………..

    gus1968:

    sorry sementara ini atom life ga bisa diupgrade … dan kondisi juga masih digudangkan …
    sehari-hari saya pake xda flame …
    mungkin oza atau yopie bisa kasih review?

  89. mas oza & Rudy,
    saya beli di M2M lantai 3 nama tokonya “Toko PDA”
    sebenarnya saya lagi iseng aja …. eh ditawar…. dapet harga 120rb
    yah tadinya untung-untungan tapi setelas saya charge ke dua kali sampai sekarang masih sekitar 20% pemakaian dari jam 6 s/d 20.00
    set band Auto, send/receive 5 mnt, nimbus aktif dan pemakaian telp, sms, email normal.
    Mengenai merk gak jelas nich karena waktu beli hanya di shrink sama plastik yang pasti tampilannya hampir sama seperti baterry bawaan original hanya pada bagian atas tertulis “for HP6828/6818”

    Mas gus,
    ada ROM versi 6.5 yang terbaru tidak..?
    mau cari yang stabil dan gak boros Rom….

    gus1968:

    Rom keluarga atom coba obok2 di sini : http://forum.xda-developers.com/forumdisplay.php?f=388
    Sorry ga bisa kasih review karena Atom Lifeku lagi digudangkan ….

  90. @ Zhao Yun:
    Sy pke Wm 6.5 23071. Sejauh ini lancar aman dan terkendali. Stabil, Free Memory nya bisa sampe 25 MB. Batere seperti biasa lah, standar, awet nggak, boros juga gak. Bluetooth aman, WiFi lancar. Yg sy suka itu keboard nya udah finger support, bisa meminimalisasi penggunaan stylush.

    Kemaren coba install Spb shell 3.5, alhasil makin keren aja si atom life, tapi buorosnya minta ampun. Jam 2 malam posisi 100%, standby, gak diapa2in (kecuali alarm n sync to xchange server :D) jam 6 pagi tinggal 30-an %. Gak masalah sih, cuma pas dipegang si atom life nya jadi panas. Langsung deh di uninstall spb shell nya.

    Jadi secara umum, 23071 bagus [walopun lebih bagus tampilannya klo pke spb shell…😦 … ]

  91. dah coba throttlelauncher? dijamin pasti suka deh…

  92. @ Oza: boros baterai gak?

  93. Mas Gus hp ku xda atom pake ROM WM 6.5 CE OS 5.2.23016 kira2 bisa ga pake SD card 8Gb ? ato mungkin ada temen2 yg pernah coba tolong donk infonya

  94. @usi

    seharusnya bisa karena mulai wm 6.1 sudah dukung sdhc, untuk meyakinkannya ya perlu dicoba …
    bila belum bisa bisa dicari patchnya …

  95. boss boss ada yang tau ga dimana dapetin wm 6.5 gratis…. email saya ya. t
    thanks alot

  96. @atiah

    untuk pda apa? semua gratis khan?

Komentar ditutup.

