My O2 XDA Flame


tmb128Ketertarikan saya terhadap PDA ini sudah lama, namun belum juga kesampaian karena keterbatasan dana. Bayangin saja pertama kali keluar harganya di atas 8 juta rupiah, dan harga sekennya pun setelah satu tahun keluar masih di atas 3,5 juta rupiah. Sementara di waktu yang sama harga Atom Life sekitar satu juta di bawahnya.

Selain masalah harga untuk mencari ‘barang’ bekasnya di Denpasar susah sekali. Selama hidup ini belum sekalipun melihat PDA ini bertengger di etalasi toko HP seken di Denpasar. Mungkin body bongsornya tidak disukai orang, well setelah keluar O2 Mini nyaris ga ada PDA layar gede yang diluncurkan pabrikan PDA ke pasaran.

Beberapa minggu lalu di forum Ponsel ada member yang nawarin Flame dengan harga miring, yaitu 2,8jt. Padahal harga pasaran masih 3,5 jutaan. Rupanya barang ini dijual ‘murah’ karena ada problem penerimaan sinyal yang lemah sehingga sering searching. Setelah beberapa kali komunikasi dan nego akhirnya deal harga di 2,2juta. Memang murah, tapi saya berani ambil resiko bila PDA ini ga bisa digunakan karena ada cacat di GSM receivernya yang bisa jadi masalah software atau malah hardware. Ya, kan masih punya Atom Life, meski touchscreennya suka bikin kesel karena ga tepat dan terasa katos. Maklum touchscreen tembakan 85ribu!

Setelah deal dan uang saya transfer, saya harus menunggu 5 hari harap-harap cemas karena temen yang jual tadi ga pernah online sama sekali. Sempat menyesal kenapa ga pake jasa bank transit untuk menjaga keamanan transaksi, tapi aku yakinkan diri kalau ga akan ditipu. Benar juga akhirnya barang datang di hari ke empat barang itu datang. Dag dig dug, barang saya buka dan saya operasikan. Benar juga, sinyal cuman dapat GPRS 1 bar sementara 3G ga dapet sama sekali, padahal di Atom Life bisa 3 bar 3G. Yang bikin kesel adalah selalu searching sehingga ga bisa dipake telpon!

Emh, mungkin sinyal operator berpengaruh. Coba dengan kartu lain, meluncur beli kartu hampir koit XL seharga 7rb dan mencoba …. tapi tetep saja, 1 bar GPRS ga setabil dan selalu searching. Ok, ga putus asa coba bawa PDA ini tepat di bawah menara BTS Telkomsel, wuih bisa dapet 3 bar dan stabil. Meski agak heran karena Atom Life bisa HSDPA full bar, namun saya puas dan dapat kesimpulan kalau PDA ini mengalami kelemahan penerimaan sinyal.

Saya analisa, sebab terjadinya hal ini karena dua problem, yaitu problem software dan problem hardware.

Untuk membereskan problem software, pertama tentu hard reset dulu ….. tapi bagaimana caranya? Bingung, tombol reset saja ga tau dimana letaknya. Mau buka2 buku panduan, kayaknya sudah ga sabar. Akhirnya setelah tanya Oza dan Faizal, saya berhasil hard reset, tapi seperti dugaan saya ga berhasil. Maka mulai langkah selanjutnya mencoba upgrade ….

Baik, saya donlot rom2 flame yang ada di forum xdaflameuser (Meski sebenarnya beberapa sudah disediakan dalam miniSD oleh pemilik PDA sebelumnya karena kebaikan hatinya), tapi lebih baik donlot sendiri barangkali dapat versi yang lebih baru.

Beberapa rom saya coba, pertama kembali ke rom officiall O2, ga berhasil. Kemudian coba versi kukingan Cotulla 003T, ga berhasil. Coba 004T Cotulla juga, ga berhasil. Lalu MK4X, ga berhasil juga. Istirahat dulu cari2 info di forum, ternyata banyak juga user yang mempunyai keluhan yang sama. Beberapa trick uprek sofware yang digelar sudah saya praktekkan tapi selalu nihil hasilnya.

Baik langkah selanjutnya adalah hubungi service center, keliling Denpasar ke tukang servis2 hp yang jago …. tapi semua angkat tangan. Takut resikonya katanya …. malah dia suruh bawa ke Surabaya atau Denpasar. Kenapa ga ke Taiwan sekalian ke pabriknya, pikirku sewot. Yo wis, kalo malam nanti ga selesai besok pagi saya obrak-abrik sendiri PDA ini .. meski dengan resiko rusak total.

Malam harinya saya coba donlot dua rom lagi untuk memastikan sekali lagi bahwa yang bikin kaco adalah hardwarenya. Yaitu Rom keluaran MWG (trims Oza atas linknya) dan WM 6.5 Cotulla (trim Faizal Risalah atas linknya). Dua-duanya saya coba dan sama sekali ga memperbaiki keadaan. Usaha lewat hardware mentok sudah. Hanya ada satu jalan lain yaitu operasi PDA hardware untuk melihat ‘peristiwa apa’ yang terjadi di dalamnya.

[BERSAMBUNG/NYONTRENG DULU]

Bener juga, pagi harinya tekadku sudah bulat dengan resiko terberat PDA ini akan mati total aku beranikan diri membongkar jeroannya.

Pertama copot batre, copot simcard, kemudian copot 8 baut/skrup belakang casing terus bingung, mau buka dari mana? Cungkil saja? eman juga nanti salah2 malah remuk. Setelah pikir-pikir timbang timbang akhirnya saya cukil pelan pake obeng di beberapa sisi hingga akhirnya ketemu kalo membukanya harus mulai dari atas.

Setelah ada celah sedikit aku masukkan kuku ibu jari dan menelusuri sisi2 casing hingga akhirnya mau terbuka meski dengan pengorbanan ibu jari saya berdarah karena gesekan dengan klip2 jepitan casing. Ga papa, mau sukses kan mesti berkorban, hehe …

Sebelumnya dari hasil cari2 info hardware di xdaflameuser.com, saya temukan bahwa antena GSM adalah lempengan yang tertetak di bagian atas batre yang semula tertutup selotip. Informasi dari seorang user yang pernah mengalami masalah lemahnya penerimaan sinyal bisa kembali normal setelah utak-utik dua pin dari atas antena yang menembus menempel ke mainboard.

Saya utak atik dua pin ini untuk menyakinkan kalo sudah terhubung dengan benar ke mainboard. Cukup lama dan berkali2 dengan beberapa alat yang seadanya, hingga sempat kuatir operasi saya bisa mematahkan dua pin kecil ini. Bahkan sempat saya tetesin cairan anti karat karena bisa jadi di dalamnya sudah karatan meski dari luar tampak bersih.

Yakin hubungan sudah perfek aku tutup kembali chasing dan coba nyalain …. hasilnya dapat satu bar (sebelumnya lebih sering searching) dan lebih stabil. Saya coba untuk telpon juga bisa ga putus seperti kemarin. Okelah mungkin ini sudah maksimal saya memutuskan berkemas mau nyontreng, selesai.

Namun begitu pindah ruangan, gejala suka searching sinyalnya kambuh dan bila ketemu cuman satu bar (GPRS) kemudian hilang dan searching lagi. Waduh, berarti usahaku tadi ga memperbaiki keadaan, pikirku, akhirnya aku putuskan untuk membongkarnya sekali lagi sampai ke pertemuan dua pin tadi ke mainboard.

Bongkar yang kedua bisa lebih cepat karena sudah tau tricknya. Namun setelah itu perlu buka lagi modul antena yang ada camera yang terhubung dengan kabel flexi di bawahnya. wah berat nih, resikonya bisa lebih buruk kalo gagal.

Tapi tak bisa tidak, bagian ini harus saya bongkar! Lebih baik hancur sekalian daripada tersiksa oleh perasaan penasaran.

Untuk membongkar bagian ini perlu membuaka dua baut lagi dan dua selotip di samping kamera, oke saya buka semuanya. Namun bingung juga membongkatnya, karena ada kabel yang terhubung ke mainboard yang sparenya cukup pendek.

Timbang-timbang akhirnya saya congkel juga modul/bagian ini, namun cuman bagian atasnya saja dan saya ganjal dengan obeng. Saya perhatikan bagaimana dua pin ini dari antena ini terhubung dengan mainboard …. ooo, ternyata cuma nempel begitu saja.  Saya bersihkan keduanya dan saya atur hingga pin ini benar2 nempel sempurna ke mainboard dengan posisi menekan bila sudah dibaut.

Oke selesai, tutup kembali modul ini dan juga chasingnya. Tapi ga perlu dibaut2 dulu, pasang batre dan nyalakan. Sinyal masih juga lemah! Kuweseeeeelllll banget!

Karena belum dibaut jadi masih bisa diutakutik dikit join dua pin antena tadi ke mainboar. Dengan kesel saya colok2 pertemuan dua pin tadi dengan obeng. Huh! huh! huh!

Tengok layar saya jadi heran gak percaya campur senang, diatas ada tulisan 3G dengan 4bar sinyal stabil. BERHASIL, TERNYATA BERHASIL, WOUU … BENAR-BENAR BERHASIL ……! Aku tersenyum puas seorang diri, puas dan lega bener perasaan ini. Orgasme! (Ups!) …

Alhamdulillah, segala puji bagiMu ….. ya Allah.

Engkau telah memberi apresiasi atas usahaku. Sungguh Engakau Tuhan Yang Maha  Memberi Apresiasi (As Syakur) kepada hambaMu  ….

*************

106 Tanggapan to “My O2 XDA Flame”

  1. wow.. salut mas atas usahanya..

  2. buuuusyeeeeet… mas Gus… detail bgt kisahnya (^_^)
    Congrats yaaaaa!!!
    keep it Up!

  3. Hendro Buditjahjono Says:

    akhirnya cita-cita punya atom flame kesampaian juga nas gus…..
    alhamdulilah…..

    whats next ????

  4. trims semua atas apresiasinya …

  5. alif sugiyono Says:

    assalaamu’alaikum.. mas gus,,
    dari beberapa tulisan yg saya baca, sepertinya saya cocok dgn blog ini, terutama ttg O2.
    begini mas, aq baru beli O2 Atom (meskipun seken, tp alhamdulillah dh🙂 )
    , tp bingung krna blom maksimal bgt, terutama masalah driver O2 atom ini.
    nyari dimana y mas?,, trus, bluetooth di O2 atom ini cuma bisa terima file doang, gk bisa kirim file meskipun bluetooth hp org ke-detect. knapa yh?
    sebenernya sh banyak yg mw ditanyai, berhubung aq msh awam PDA ini.
    sebelum dan sesudahnya terimakasih y mas gus🙂

    rgrds

    wassalaam

    gus1968:

    wa alaikum salam, salam kenal …

    driver apa yang dicari? kalo yang dimaksud aplikasi, banyak tersedia di blog ini.
    mengenai blutut itu sudah menjadi bug yang buasa ada di rom2 kukingan untuk mengatasinya resep paling manjur adalah flash/upgrade ke rom officiall.
    silahkan baca2 di blog ini untuk info2 lebih lanjut, dan selamat datang di dunia pidi’e …. salam.

  6. Wah…dramatis bgt kisah’a….slmet mas gus…
    btw…mas gus tw g PDA HTC yg sklas XDA Flame

    gus1968:

    trimakasih,
    produk htc yang layar gede touch hd, lebih gede lagi htc shift ….

  7. Akhirnya kesampaian juga punya flame ya mas, selamat menikmati. oh ya mas berarti mas sekarang punya 3 pda?

  8. lama gak mampir…..
    selamat ya Oom… pengen ganti juga nih tp bingung ganti apa…

    gus1968:

    boleh ganti, boleh nambah tapi ingat atom Life tlah mempertemukan kita,
    jangan lupakan juga blog ini, whew!

  9. SELAMAT mas Gus..

    aku jadi terharu bacanya…bener” perjuangan seorang PiDiE sejati…
    patut ditiru nich perjuangan mas, yang ga pernah putus asa dalam mengerjakan sesuatu…

    I Love O2 Atom Life
    I Love allaboutpda.wordpress.com
    hwewe

  10. siap Oom Gus… allaboutpda awesome !!!

  11. salam kenal mas gus dan rekan2 sekalian…
    sebelumnya selamat ya mas atas keberhasilannya….saya salut dengan semangat, keuletan dan keberanian mas gus yang bagi saya sangat luar biasa hee..hee
    saya merasa sangat senang dengan keberadaan blog ini, yang benar2 telah memberikan pencerahan dalam banyak hal tentang perpidiean terutama atom life tercinta🙂
    berkat mas gus dan kontribusi rekan2 dlm blok ini sya sudah bisa gonta ganti ROM dan memaksimalkan fungsi atom life dengan berbagai macam aplikasi yang ada, so thanks a lot mas gus !!
    menilik dari permasalahan yang mas gus kemukakan di atas, sya jadi teringat kalo sya juga memiliki masalah yang mungkin mirip hal tersebut pada atom life milik saya.
    masalah yang terjadi adalah atom life saya dapat berfungsi baik dalam penggunaan koneksi data (internet) dan telfon apabila berada dalam jaringan gprs (g), namun apabila sedang dalam status coverage umts dan hsdpa (3g,3g+) seluruh koneksi radio baik telfon maupun data tidak dapat dilakukan, padahal bar signal dalam kondisi full. saya sudah mencoba untuk mengganti operator cellular, namun permasalahan tetap sama. Hal lain yang saya lakukan adalah mengganti ROM, namun lagi2 hal tersebut tidak membuahkan hasil, sya sudah mencoba beberapa ROM yaitu Windows Mobile 6 Pro.CE OS 5.2.1616 (Build 18120.0.4.0) kemudian ROM kukingan PDAViet WM 6.1 CE OS 5.2.20753 Build 20753.1.4.0., trus ROM wm 6.5 core 21728_ori dan terakhir ROM wm 6.5 core 21812_lite. yang ingin saya tanyakan adalah apakah hal tersebut memang merupakan bug / cacat dalam ROM kukingan atau merupakan indikasi kerusakan pada bagian hardware dari atom life? dan kiranya apa tindakan yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal tersebut, klo harus ganti hardware kira2 berapa harganya? mohon pencerahan dari mas gus dan rekan2 senior di blok yang muantap ini, maaf mas gus bila saya dah ngerecokin pagi2 haa..haa.. sekali lagi trimakasih dan maju terus mas gus..btw ulasan atom life jangan ditinggalkan yo mas🙂

  12. @yopi : kok3 pda? cuma dua pda dan satu hp dual mode.
    @chikung: trims ….
    @devha : trims atas dukungannya,
    sebelumnya apakah bandswitch sudah dipindah2? bila sudah dan gak berpengaruh maka analisa saya masalahnya tidak terletak pada rom atau software, tapi pada hardware yang berhubungan dengan penerimaan sinyal umts/3g freq. 2100Mhz.
    bisa jadi masalahnya sama dengan xda flameku yaitu pada koneksi antena ke mainboard, tetapi bisa juga pada chips yang mengatur fungsi tsb.

  13. waduh.. klo dah menyangkut masalah hardware apalagi nyenggol2 yng namanya chip, terpaksa deh serahin ke ahlinya aja.. soalnya lom pnya skill en keberanian kya mas gus buat obrak abrik gadget, o ya kira2 klo harus ganti chip/hardware seperti perkiraan mas gus ongkosnya berapa ya? trims

  14. wah selamat ya gus..
    punya 2 pda donk now….
    spekulasi yg bener2 brani….masalahe klo gagal bs mati total beneran…
    trus atom lifenya mo dijual gak tuch??
    hehehe

  15. hahahaha, parah ceritany bener2 detail sampai2 ngebayangin aj bikin kesel. Tp selamat deh atas usahanya!
    Kl ak drpd ganti dari O2 ke Flame mending beli BB J

  16. @devha : ga bisa kasih perkiraan sama sekali, bahkan chipnya bila benar yang rusak juga gak yakin ada yang jual …. berfikir positif saja moga bukan chipnya yang kena.

    @rheeno : sementara gak jal dulu, cos belum beres touch screennya. kasihan yang beli khan ?

    @nandar: sampai saat ini saya masih berpandangan bahwa ppc still the best. dinamis dan lebih menantang. BB lebih cocok bagi mereka yang ‘adem ayem’ dan suka ‘duduk manis’ …. piz!

  17. @mas Gus:
    setujuuuuuu….. BB sekali pke langsung bosen. hehehehe…. (^_^’)
    bizna… bisa itu ituuuuu mlulu. mw ngedit dokumen juga susah. mw upgrade OS nya eh…. OS yg versi 5.0 malah gak kompatibel ama aplikasi Facebooknya. nah lho… bingung gak tuh?

    btw… soal touchscreen gak coba di “BEDAH” pisan mas gus? syapa tw dulu masangnya kurang passs…

  18. @oza

    yang menyedihkan gak usah crita2,
    bikin bad mood orang laen,
    gak bagus bagi kesehatan masyarakat …

  19. hahahahaha….. iya mas Gus… maaf… maaf…
    kurang memperhitungkan negative impactnya niy. (^_^’)

    btw Flamenya gmn soal battre? sebanding ama Atom Life kah? atau lebih awet?

  20. @oza

    kalo batre bisa lebih hemat dengan melemotkan system dengan memilih opsi kecepatan prosesor terendah 200Mhz. Ini yang beda dengan Atom Life karena opsinya lebih detail, yaitu 208Mhz, 312Mhz, 416Mhz, dan 520Mhz …
    secara umum sama borosnya, apalagi bagi user seperti saya yang jam onlinenya tinggi …. sehari bisa 2x charge ….

  21. Wuaah..

    Alhamdulillah, mas gus sekarang udah ganti pake O2 Flame, makin yahuuud nih PDA nya..uhm…jadi langsung rencana pengen pake HTC 818 Pro..weleh2..hehehe..

    Selamat Ya Mas Gus, Moga Awet n makin exis di dunia pdie..

    gus1968:

    oke, trims …. amin!

  22. Fauzi Solo Says:

    Selamat mas gus..tapi Atom life nya jangan dijual ya!.Selama atom life masih ditangan mas gus..mesin ini ga bakalan mati hehe

  23. @ mas gus
    Maksudnya atom life, flame, dan emulator wkwkwkwk(just kidding)

  24. Hani Satriono Says:

    huaaa,~
    so sweat om^^ dibikin novel keren juga tu om,… hheee^^V
    wah memang perjuangan untuk repair semua yaa om. tapi aq salut, om aq memang pahlawan. horeeyyy,!!!!!

  25. tapi tidak salah contreng-kan, gara-gara flame.?? he.he.he…

  26. Nggak bisa nggak, harus kasih komen… satu komennya… BRAVO buat pak Gus!!!

    Mudah-mudahan semangatnya dan antutiasmenya untuk sharing tertular ke kita semua… bagi saya blog ini sungguh sebuah media pertukaran yang amat bersahabat.. dan itu bisa terjadi karena pak Gus dalangnya.

    Juga rekan-rekan disini sungguh OK!!!!
    Atom Life yang mempertemukan kita … wah … wah jadi rindu dengan atom life… pokoknya harus punya lagi…:(

  27. @Faizal

    huahahaha ….. kalo jadi orang rakus bukan gara-gara blog ini lho …
    lagi, huahahahaha ….

  28. Salam kenal mas Gus,

    Saya suka blog ini karena banyak informasi yang saya butuhkan, terutama yang berhubungan dengan O2 life.
    Mo nanya donk mas. Dulu waktu masih pake WM5 klo dipake muter film (file 6-11 mb) lancar-lancar aja. Tapi sejak upgrade ke WM6 (sekarang WM6.1 – 19701) klo muter film putus2, seperti kurang memori. Mungkin punya solusi?
    Thank you

  29. @Adji
    udah coba pke core player?
    trus cek juga free RAM nya tinggal brp?
    klo free RAM msh di atas 10Mb n putar film pke CorePlayer (yg diinstall di device memory) tp msh putus2 gtu, berarti emg ROM nya yg kurang bagus bwt muter film. Coba Core 20931 by TeanMinhMan. berdasar pengalaman, ini Core yg paling Stabil dgn Free RAM yg banyak.

    Aq pernah putar movie Naruto dgn besar File 700Mb, format “.avi”
    tidak ada masalah sama sekali. Lancar jaya+Gambar mulus

  30. @Adji

    kalo memori masih sisa banyak, 20mban, coba tambah buffer size di core player. selain itu ubah cpu profile jadi best performance.
    cek juga resolusi filmnya, kalo di atas 320×240 memang agak berat, solusinya diconvert dulu menjadi resolusi yang lebih rendah.

  31. Alow mas agus..
    mas aq baca2 diatas disebut ROM MWG..
    tuh ROM wim brp y mas?klo blh tw link nya apa mas..
    Thx y

  32. @atmoko

    Itu link Rom Xda O2 Flame versi 5.0 keluaran MWG … bro atmoko kan pake atom life? ga bisa upgrade(downgrade) ke rom ini.

  33. yulian mirza Says:

    Dah lama nih aku ga bukan blog ini, eh ternyata pas baru buka dapet cerita ini, mantap mas…. bener2 memberi inspirasi saya buat bongkar O2 Xphone saya yang tlah lama mati, tapi ga tau juga bongkarnya gimana, hehehe…

  34. Mas flameku kok ndak bisa dibuat video call ya
    room masih original wm 5 OS 5.1.422 (build 15633.3.2.0)

  35. @agung

    hem, sebelumnya pernah bisa?
    kalo di rom2 kukingan memang rata2 ga bisa.

  36. saluuuuuuut banget to mas Gus ……..
    aku dulu punya Xda IIs yg punya masalah signal ….. berhubung gak bisa baikin …. tak lego aja … he….he….

  37. @anak_sawit

    alhamdulillah, berhasil. itu karena keadaan ‘memaksa’ saya untuk melakukan operasi sendiri, wekkekek … trims, bro!

  38. Mas.. Flame ku kalau dipake buat game ato putar video sehingga agak hangat langsung blank putih di seluruh layar… kenapa yah.. masih mungkin ga di perbaiki?

    gus1968:

    pastikan dulu ‘kerusakan’ itu masalah sopwer ato hadwer, caranya bila dengan hard reset atau upgrade masih ada ‘kerusakan’, besar kemungkinan masalahnya ada di hardwer …
    sebelumnya bisa dicoba dengan mengurangi speed prosesor ke 400mhz atau kurang. whitescreen semacam itu kadang terjadi bila kita overclock, btw, kalo pernah install CPU XSCALAR atau aplikasi sejenis diuninstall dulu …

  39. mas..punten mo nanya,
    aku punya o2 pure, screen nya udah byk scratch kena stylus..apakah bisa mulus lagi kalo ganti casing? kira2 berapaan n nyari dmn ya?
    matur nuwun

    gus1968:

    cek dulu apakah di atas screen ada protectornya, yaitu lapisan tipis semacam plastik? bila ada lepas dan ganti. bila ga ada ya ga bisa dengan ganti casing bisa bersih lagi layarnya. harus ganti lcd. makanya jangan biarkan lcd ‘telanjang’ tanpa protector ….

  40. saluuut…… Om..!!! Kereeen… semangatnya…!! saya juga klo penasaran harus sampai tuntas….

    klo ada rate saya kasih 100 star,….. hehehe

    T. Ricky Husny
    ———————–

    Berklee College Of Music Boston Online
    (Piano Performance)Classical,
    Contemporary and Surround RecordingEngineer
    Synth Maker N Digital Record
    Concert Recording & Live Sound Engineer
    Musiktek.com/Farabi College Of Music
    Chrono Music N Studio’s In Aceh.

    rio_8402@yahoo.com
    +6285260113313

  41. Assalamualaikum Mas…
    piye kabare… wah lama gak mampir (hampir 3 bulan) sejak aku lepas EXEC tercinta dan berburu Flame sampe saat ini tak kunjung dapet, eh niat mau silaturahim sama mas gus malah baca Novelnya mas gus tentang FLAME, first… Slamat ya mas, meski mungkin ucapan ini telat.
    Second… Mas aku jadi ragu mau nyari FLAME, kira2 ada kemungkinan gak rata2 Flame berkasus seperti punya Mas? apalagi mas tau sendiri di kebun tebu signal agak susah dan pake PDA bikin cape ngecas duank (pengalaman pake XDA II dan EXEC) apalagi kalo ada kasus bonus kaya FLAME-nya mas gus. Mohon saran.
    Mas lebaran ikut hari apa? selamat berpuasa dan menikmati jamuan Allah di 10 hari terakhir…

    Wassalam

    Affin

    gus1968:

    wa’alaikum salam, jumpa lagi bro ….
    masalah sinyal begitu kayaknya bukan langganan flame kok, setelah saya beresin sampai sekarang ga pernah kambuh lagi tuh …
    oh ya, kalo flame sekarang kan sudah turun harganya di bawah 3jt, kalo mau cari liat2 dulu di pdajakarta.com untuk perbandingan. benernya sih saya mo ganti htc hd yang bongsor juga, namun masih banyak utang nih, hehe …
    selamat menikmati hari2 akhir ramadhan juga, ya karena itu jadi agak2 telat balas komen di blog ini. insya Allah saya lebaran minggu saja, meskipun saya menghormati mereka yang menggunakan metode rukyat namun saya lebih sreg mengikuti metode hisab, wong gerhana gerhana 10 th lagi misalnya sudah bisa diperhitungkan detik demi detiknya dari sekarang kok, apalagi untuk kemunculan awal bulan ….

    btw, trims telah mampir, salam !

  42. Salam kenal Gus…..(biar keren ngak pakai mas), saya baru kenal namanya pda dan kemarin dapat xda2 yg kata orang murah 750rb lengkap semuanya hanya batrry 40% langsung pet, kemarin terprofokator untuk upgrade himalaya dengan sedikit ngerogo kocek agak dalam tak upgrede hasilnya saya puasss, tapi bluetooth ngak mau terima kiriman meskipun udah kedetek tuh pda, dan dah tak insall dengan software tambahan tetep aja ngak bisa, mohon saran Gus….et emang Os nya Pda meskipun sama himalaya bisa beda2 ROMnya tah….saya binggung kamsudnya tuh….truuuims buaaannnnnya

    gus1968:

    bluetooth adalah masalah umum bagi rom2 kukingan … ada beberapa cara memperbaikinya meski belum tentu manjur, diantaranya yang sudah sampean coba. yang lain adalh dengan mengaktifkan receive all incoming beam (biasanya sih untuk infra red) dan dengan mengaktifkan send OBEX di aplikasi tambahan bernama advance config …
    meski sama2 himalaya osnya bisa beda2, ada yang wm2003, wm2003se, wm5, wm6, wm6.1 dan wm6.5, dan meski sama2 osnya misal wm 6.5 bisa lain2 ROMnya … ada yang core sekian, sekian atau sekian … hehehe, dijamin tambah bingung …

  43. assalamu’alaikum Gus, mau tanya nih.
    saya baru punya O2 atom life, beli seken dr temen. Saya mau upgrade ROM dari versi WWE_RC2150507B1, WM6, ke versi WWE_RC2140907B2 dapet download dari seeo2.com.
    Tp pas jalanin upgrade, kok tampil error ROM nya ga cocok buat PDA ku ya.
    Trs pertanyaan ke 2, sy pgn upgrade pke ROM yg irit memory itu 199x brp gt, trs aplikasi bawaan O2 nya hilang ga? kyk O2 phone, O2 media dll. Klo hilang, bs diinstall lg g
    Terimakasih Gus.
    Matur nuwun sanget😀

    gus1968:

    kalo saya lebih suka ROM2 kukingan daripada yang resmi keluaran O2 … karena yang resmi masih mentok di wm 6 belum wm 6.1 (yang merupakan versi penyempurna wm 6) apalagi wm 6.1 …
    bila diperlukan aplikasi bawaan o2 bisa di donlot di seeo2 juga …

  44. salam kenal gus…;
    saya sudah baca dan tertarik bgt dgn blog anda…;
    kebetulan saya juga punya o2 flame…;
    saya sgt senang sekali dgn fitur yg dimiliki o2 flame ini…’
    sy sdah menggunakan o2 flame skitar 4 bulan,…’
    tetapi nggak ada 2 minggu lalu o2 flame saya jatuh dan LCD nya itu cman muncul tampilan putih kayak LCD pecah…;
    sampai skarang saya bingung bgt perbaikinnya…’
    takutnya biayanya mahal bgt…’
    perbaikinnya d mana y…’
    minta solusinya donkk…;
    terimakasih gus…’

  45. perlu dipastikan sebelumnya yang rusak apa saja, kalo cuman lcd ya diganti lcdnya … namun kalo banyak yang rusak mending dipikirkan untuk lem biru (lempar beli baru) karena harganya kira2 sebanding ato malah lebih mahal.
    untuk info spare part, coba tanya2 dulu di bursapda.com atau tanya2 om gugel….

  46. Mas agus,
    mau tnya nich..
    Apa tau dmn yg jual PDA2 rusak?atw yg jual mesin atom life?
    Krn q btuh ic dlm ny.
    Thanx y.

  47. mas gus nanya nich… sy new bieee baru saja sy upgrade flame sy dng wheel of fortune v2 sekarang dah berhasil emang kadang suka ngehang pas waktu pencet tombol kamera tp kal di tekan berulang ulang ahkirnya berhasil jg, unt transfer file via bluetooth gimana ya apa emang ngga bisa ke hp lain..?terus applikasi remote kontrol unt electronic downloadnya linknya kemana ya krna jd ngga ada, unt aplikasi IRda juga mohon pencerahanya… trimakasih.

  48. @ radensiwo

    masalah transfer file via blutut, memang penyakitnya rom2 kukingan … saya sendiri belum ketemu cara jitu untuk mengatasinya … coba gabung saja dengan xdaflameusers.com …
    untuk remote controll pake saja novii remote controll … http://rapidshare.com/files/208808540/NRDeluxe.Cracked.CAB
    no serial needed …

  49. makasih mas Gus…smoga makin tmbah maju blognya…

  50. mas Gus..flame ku..tauchscreenxnya nggak respon,,apa harus diganti ya?kl diganti sama Tauchsreennya Xda II apa bisa.. hargax tauchscreen flame brapa ya???..thank’s

  51. mas Gus..Harga LCD Xda flame berapa ya??

  52. @ Guns

    touchscreen/ts ga respon? bawa ke servis dulu bro, suruh buka dan cek solderan kabel fleksi antara ts ke lcd … biasanya kalau berkarat/kerak/kotor mengganggu touchscreen …
    kalau layar masih menyala bersih ya ga perlu sampai ganti lcd, karena ts dan lcd adalah dua part yang berbeda, meskipun kalau kita beli lcd sekalian dapet tsnya.
    harga ts dan lcd untuk flame saya ga tahu, tolong tanya saja ke http://bursapda.com atau buka http://pdajakarta.com, kemudian tanya di salah satu toko yang jual part PDA …

  53. mas gus mau numpang tny nie pda flame sy kal unt chatting knp sering putus sinyalnya ya…kal sy perhatiin emang sinyalnya sering blank tp bntar2 muncul lg penuh sinyalnya G/3G kira2 apanya nie mas?apakah jng2 problemnya sama yg di alami oleh mas gus…?musti di bongkar…:D
    mohon pencerahannya,trimaksih.

  54. @ radensiwo

    sebaiknya setting band jangan menggunakan auto, tapi pilih 2.5G Only (GPRS) atau 3G Only (UMTS) …
    setting auto hanya untuk ‘sekedar’ cek lokasi saja …
    koneksi bisa putus2 kalo kita berada di lokasi dengan jangkauan 3G yang kecil dan tidak stabil bila kita gunakan setting auto, karena ada pergantian band/frekuensi.

  55. Makasih mas gus….btw mau nanya dikit nie, minggu lalu sy masih pake WM5 ori dr o2 flame unt power baterey bisa beratahn 2 hari & skr sy pake rom WOF V2 unt power baterey hny mampu bertahan 12 jam kira2 apa ya mas yg salah padahal pemakain normal…applikasi program jg ngga terlalu bny bahkan lebih bny di WM5 dulu… sy baca dr sebuah artikel katanya WM6.1 lebih hemat bateray apa itu benar? jd sekarang ini sy sering tekor power baterey, dan untungnya sy slalu dekat dng pc & sy charge via usb pc karena sy org kantoran mas, mohon petunjuknya….terimaksih

  56. Thanks Mas Gus…atas Infox..sekses selalu.

  57. @radensiwo

    memang wm 6.5 lebih boros batre bila titaniumnya aktif ….
    bila dibanding dengan wm 6.1 + spb shell saya kira setara borosnya …

  58. mas mau nanya’ pda 02 flame sy lampu lcdnya ko’ g bs nyala y mas,itu biasanya dari apa?trus solusinya gmn?mksh mas gus

  59. mas, klo ada yg nyari dopod u1000 tlg kasih tahu saya yah via e-mail kupukupuyglucu@yahoo.com

    saya mau lepas buka harga 5,5 juta. lokasi medan,sumut

    thanx

    gus1968:

    boleh bro, meski saya sarankan diiklankan saja di forum ponsel atau kaskus biar cepet laku ….

  60. @radensiwo
    boros battery pada WM6.5 dikarenakan o2 flame tidak bisa memaksimalkan fitur2 WM6.5 yg sebenarnya lebih bagus dalam menghandle memory dan lebih cepat dalam processing. hal ini disebabkan tidak adanya NK.exe (Native Kernel) WM6.5 yg spesifik (khusus) u/ o2 Flame dan produk2 lainnya. (Microsft hanya menggunakan beberapa device seperti HTC TYTN II, TouchPro, Polaris u/ pengembangan WM6.5) so… hape2 laen terpaksa tidak dpt jatah “NK.exe” u/ WM6.5.
    sehingga bentrok dengan OEM drivers bawaan O2 Flame. sebagai akibatnya….

  61. mas, dah lama nih saya g nongol d sini, mo tanya dikit, atom life saya klo ada tlp masuk kok sering g ada namany yg tlp sapa, pdhal nama yg tlp ada d phonebook, ada yg slh ?
    klo ada program lain yg bs bikin nongolin nama orang yg tlp tuh apa programny ?
    apa ada d sini programny ?
    tararengkyu seblmny….

    gus1968:

    coba ubah nomor kontak dari 081 > +6281, 021 > +6221 dst ….

  62. maturnuwun mas gus,nanti saya coba saranny…

  63. Siang Mas Gus. Saya mau tanya. O2 Flame saya USB Host-nya koq ngga bisa dipakai ya?itu kenapa apa perlu upgrade WM 5 ke WM 6.*?yang kedua versi WM6 buat flame yg stabil yang mana mas Gus?mohon pencerahannya.txs

    gus1968:

    maaf usb host maksudnya yang gimana ya? saya sudah ga pake flame lagi karena hilang, …. hiks!
    rom yang pernah saya pake punya cotulla versi terakhir …

  64. I was updating my xda flame os to 6.5 my phone suddenly switch off and now i cannot boot it, i can see only charging light pls. suggest me how to bring back my flame to life, as i checked by hard reset, soft reset, power button but still the same.

  65. is there any method to boot from pc etc, because now my flame is completely dead.

  66. waaah, golek flame seken, gowo nang denpasar, njaluk tolong mas Agus mbenakno, beres, hehehehe.

  67. @ kevin

    sorry kevin, may be you can find some method to revive your flame on this link :
    http://xdaflameusers.com/search.php?search_id=110396525

  68. Assalamu’alaikum…setelah baca perjuangannya saya pikir anda memang hebat dan tabah pak agus,ha..ha..ha..
    Saya pengguna atom exec,klo mo dipake buat modem caranya gimana pak?thanks sebelumnya…salam

  69. @ tri teguh

    wa alaikum salam …
    makasih apresiasinya, .. well akhirnya flame itu hilang namun Yang Maha Pengasih sudah menggantinya dengan yang lebih baik.
    Atom Exec bisa digunakan sebagai modem dengan 2 cara, pertama upgrade ke wm 6.1 di situ ada aplikasi yang namanya internet sharing, tinggal pencet tombol langsung jadi modem.
    cara kedua pake aplikasi PdaNet, yang link donlotnya ada di halaman https://allaboutpda.wordpress.com/install-it-and-uninstall-it-as-you-wish/
    install di pc dan ppc dan jalankan, ingat ada patchnya biar free ..

  70. ane br bli O2 Flame meski 2nd 2,5jt dr tmn di bdg…. dah bebrapa hari pake dak da masalah semua lancar…lalu aku konek ke o2 connected untuk applkasi yg cocok utk Flame-ku, lalu restart sendiri dan akhirnya aplikasi terintegrasi berhasil namun…. masalah muncul yaitu gak bs nelpon, coba soft reset dan hard reset hasilnya tetep aja gak bs nelpon dan pesen eror “wireless radio must be attached..bla bla..bla…” spt itu…. kenapa yah… please help me dong…

  71. @idon

    masalah semacam ini ga hanya menimpa flame anda, banyak flame user yang ngalamin … sayangnya solusi yang mujarab belum ketemu, saran saya coba di hard reset berulang kali atau upgrade ke rom lain …
    http://www.facebook.com/topic.php?uid=90096764793&topic=25454

  72. mas gus, lcd flame ane retak…. tau spare part yg jual dmn? ane nyimpen data2 penting disitu masalahnya…..

  73. Mas Gus, ma’af aku lama nggak nongol di sini, mas gus dimana bisa mendapatkan battery flame ? sementara aku tinggal di kalimantan tengah tepat nya di kota sampit, tolong mas gus info nya. trim’s.

  74. @ obeng

    yup salam jumpa lagi, gabung dong dgn group fb, biar ga ketinggalan jejaknya : http://www.facebook.com/group.php?gid=90096764793&ref=nf

    coba tanya batre di http://www.bursapda.com, atau tanya dulu oza (member+admin group) kali dia sedia …

  75. HELP…
    Gan maaf lg bingung nih… ane bli o2 flame meski 2nd ane bangga, dr pertama bli lancar aja semua fungsi bjalan normal… setlh bbrp bln ane iseng msk o2 connected dan update bbrp featur yg ada…lalu restrat sndiri dan ane tinggal tdr krn dah mlm…. Besoknya jaingan telp di tray da cakra (x) nya gan… dh ane coba softreset & hard reset hasilnya sm aja da tanda x nya (ane pk simpt tsel)…ane coba lg flash ke OWM6,5 tampilan asyik kyk iphone tp tanda x nya ga ilang2….kmarin da yg nyaranin flash balik ke owm5 standartnya ambil dari 02 lsg dia nyaranin abis flash rom pas msk align di hardreset lg 1x simpen sampe booting os dan matikan, pasang sim + memori dan hidupkan….alhasil sama aja gan…. ane dh coba bbrp sim takut dr simnya…. HASILNYA JARINGAN TELP DI TRAY TETEP X (ada cakra-nya)…. meski gmn lg ni gan… MOHON BANTUAN SEMUANYA…
    PLEASE…

  76. @ idon

    sudah dicoba dengan simcard lain operator? bila bisa coba hub telkomsel dan minta ganti kartu …
    kemungkinan lain seperti yang saya alami, yaitu koneksi antara antena dan mainboard ‘terganggu’ bisa karena debu atau kerak …

  77. @ gus1968

    malah ane bli simpati baru gan…operator lain dah ane coba… meski digmn in nih gan… klo dibuka mesti dibenerin ato dibersihin apanya tuh…

  78. skalian py cara2 buka o2 flame ga gan….

  79. @ idon

    well saya sudah ganti gadged (sekarang omnia II), maaf kalo ga akurat : buka casing belakang .. di bagian atas camera ada lempengan yang diujung atasnya ada dua jarum/colokan menempel di mainboard. lempengan tadi adalah antena gsm, jadi periksa agar kedua jarum tadi nempel sempurna di pin motherboard … kadang dibagian ini terganjal oleh debu atau kerak .. bersihkanlah …
    referensi tuk bongkar flame : http://www.pdacenter.ru/razborka/razbor_o2_xda_flame/

  80. Sy Baru Dikasih O2 XDA Atom exec Bekas oleh teman, tetapi masalahnya displaynya mgga sempurna (Seperti layar PC yang belum diinstall drivernya, agak pecah walaupun masih kebaca tulisannya).

    Ciri lainnya : Sudah dicoba soft & Hard reset juga spt itu, bahkan waktu load bootloader (Colok tombol reset + tombol kamera + Masukin battery terus lepas kedua tombol tsb) tulisannya bergaris2 gitu.

    Kalau urusan lainnya spt kondisi baterry & Semua fungsi lainnya sih normal banget.

    Nah apakah ini masalah hardware atau sofwarenya ?

    Btw, di jakarta di mana yah bisa service PDA Ini ?
    Kepada rekan2 yang berminat untuk proses kanibal/dikanibal juga boleh juga kok.
    Terima Kasih sebelumnya.

  81. @Jack

    dengan penjelasan spt itu, saya simpulkan yang rusak adalah lcdnya namun bisa jadi cuman kabel fleksi atau konektor yang nancap dari lcd via kabel fleksi ke mainboard …
    kalo layar sudah ok, silahkan flash ulang …
    di jakarta yang bisa servise setau saya di roxy mas … cuman ga hafal lokasi servicenya, silahkan tanya2 saja …

  82. Sudah saya coba bongkar, (walaupun harus merusak segel di Bautnya).
    Kabel flexible & Soket2 dibersihkan, masih ngga berubah juga.
    Cuma Memang sy belum berani mengurai kanel flexible nya dari kepingan lcd, karena ditutup oleh lembaran tembaga yang lengket banget. Sementara ini cuma sy copot dari soketnya di motherboard dan dibersihkan.

    Saya cuma khawatir apabila bukan LCD-nya yang bermasalah, maksudnya kemungkinan chipset grafisnya yang bermasalah, atau jalur /komponen lainnya di Motherboardnya.

    Oh Ya ada ciri lain : kalau O2 Atom ini digoyang, tulisannya sedikit goyang juga. Dan Kalau di pakai “Clear Type Font” , Tulisannya malah tambah Kacau.

    Wah terima kasih Atas Komentarnya, Pak.

  83. @Jack

    kerusakan pada chipset grafik bisa jadi, bro .. karena itu untuk memastikan harus ditest satu per satu …
    saya pernah pegang pda dengan gejala seperti itu, ternyata yang ga beres pada kebel flesksinya dan karena kabel fleksi ga dijual tersendiri akhirnya ganti lcd.
    makasih juga, bro … sama2.

  84. Mantap gan.Infonya sangat membantu

  85. Ganti LCD nya dimana yah ? Trus Berapa harganya waktu itu ?

  86. @ Jack

    lcd atom life setaun lalu saya ganti di roxy mas jakarta dengan harga 850rb, namun kalo sekarang ini tentu sudah lebih murah lagi …

  87. Kebetulan tadi siang Saya ganti LCDnya : NEC Type NL2432HC17-01B Persis Aslinya, Harganya Rp.300rb Di Roxy, Alhamdullilah, Segala masalah sudah teratasi.

    Terima Kasih Atas Semua Petunjuknya. Semoga Berguna Bagi yang mengalami masalah yang sama.

  88. punya o2 IIi udah lama sering di bongkar-pasang jalan lagi, sampai akhirnya mentok nyala tapi blank putih, bunyi kling… gimana ya? apa yang rusak.

  89. adi benjo Says:

    wah setelah baca saya jadi tertarik untuk melakukan hal yang sama seperti mas agus, cuma punya saya adalah O2 XDA II masalahnya signalnya naek turun terus malah kadang” ilang (kalau dalam ruangan) dan saya ga tau yang mana hardware untuk menangkap signal (hehehe).
    Kira” langkah apa yang saya lakukan ya mas agus dan kebetulan saya tinggal di denpasar juga
    mohon bantuannya mas agus…..
    trims

  90. @Jack

    sukseslah bro, akhirnya pda kemilau lagi … hehe …

    @asep

    gejala whitescreen bisa disebabkan kerusakan software misal karena prosesor hang atau system rusak, bisa juga karena hardware chip grafis rusak atau lcd rusak …
    namun sayang untuk xdaIIi kayaknya susah mencari rom upgradernya …

    coba di hard reset (pencet power+reset) dulu apa mau tampil normal?

    @adi benjo

    wah sesama denpasar nih …
    sinyal naik turun memang bisa disebabkan karena masalah antena, sayang saya belum tau dimana letak antena gsm di xdaII …
    saran saya coba diupgrade dulu karena di versi wm yang lebih baru biasanya juga pake radio rom yang baru juga yang biasanya lebih baik ..

    baca2 di sini untuk upgrade rom :
    http://forum.xda-developers.com/forumdisplay.php?f=387

  91. adi benjo Says:

    sudah di upgrade jadi WM. 6.5 versi 21169.5.0.0 dan sepertinya belum stabil benar WM ini karena setiap kali kunci n mo buka pasti macet n lama” jadi hang… btw thanks atas infonya mas agus
    semoga makin sukses

  92. bos knp dopod sering blang lcd…apakah dr lcd atw apa…….

  93. @adi benjo

    sebaiknya flash saja ke wm 6.1, karena wm 6.5 lebih boros ram … kalo masalah tampilan bisa pake salah satu yang terbaik saat ini yaitu spb shell.

    @yandi

    belum tentu lcdnya yang rusak, kinerja prosesor yang berlebihan karena kesalahan system juga bisa menyebabkan white screen macam itu … coba lakukan hard reset atau sekalian upgrade …

    kalo system sudah ‘fresh’ namun lcd masih suka blank, patut kita curigai pada chipset graphic dan lcdnya …

  94. tulisan ini sangat menginspirasi, O2 Flame saya juga lemah sinyal, saya bawa ke tukang servis, katanya gak ada spare partnya, so… sy buka sendiri sesuai petunjuk yg ada dalam tulisan ini dan alhamdulillah berhasil.
    Thanks to yg berbagi kisah membongkar O2 Flame dlm tulisan ini

  95. saya punya HTC PRO yang lcdnya rusak sehingga tidak bisa menggunakan touchscreen.Dimana saya bisa dapatkan penggantian lcd yg murah,syukur2 di semarang (kalo lgs keHTC Roxy, mahal bgt),

    Makasih

  96. @mukti

    makasih atas apresiasinya, bro …

    @indra

    coba tanyakan ke fb id Oza Ghozali …
    atau via group : http://www.facebook.com/group.php?gid=90096764793&ref=nf

  97. mantab atas usahanya…
    sekalian aja boss buka tempat service…wkwkwkwkwk^_^
    btw,,,link WM 6.5 apa yah boss….
    gw juga pake Flame,tp yang W5 6.1…pengen coba pake yg WM 6.5

    gus1968;

    coba cari di forum.xdaflameuser.com atau di webnya cotulla (tanya google)

  98. O2 Xda iis saya sering restart bagaimana mengatasinya?

    gus1968:

    bisa karena wmnya error, solusinya flash ulang …
    bisa juga karena batre sudah ga stabil nyupplay power …

  99. om gus, touchscreennya O2 xda flame bisa di dapat/beli dimana, harganya berapa ? kalo ada prent2 yg mau jual boleh juga….

  100. beli baterai o2 flame yg ori dimana ya? mohon info klo ada linknya atau no.hp penjualnya, thanks

    gus1968:

    coba hubungi oza di group fb **allaboutpda**

  101. Mas Gus,
    saya lagi nyari2 WM5 OEM untuk o2 flame
    dimana saya bisa mendapatkan nya??

    gus1968:

    coba kunjungi webnya o2 : http://www.seeo2.com kalo masih buka lo?!

  102. mas gus saya punya pda xda IIs,masalahnya waktu kita pake utk telp sipenerima telp kita katanya suaranya kecil sementara saya yg nelpon suara yang saya terima biasa ja atau normal,kira2 kenapa ya bang,dibalas ya bg mksh

  103. kabel flexi lcd xda flameku putus, ada yang mau jual ga? kalo ga ada aku mau jual aja flameku ini apa adanya cm rusak lcdnya aja. hub aku kalo ada yang minat.
    400rb aja.
    hadi/08561935534

  104. @ amy

    bawa ke service hp saja bro, kemungkinan besar micnya kotor atau tersumbat.

    @ hadi

    bro, kalo cari kabelnya doang ga ada yg jual tp kalo sekalian lcdnya mungkin ada … kl kita beli lcd biasanya sdh termasuk touchsreen dan kabel flexynya.

  105. mas gus, aku punya o2 flame, tapi ko ga ngedetek sim card, klo aku setting tulisannya ” A wirelles radio must be attached to use the phone” gmana cara beresinya?
    mkch mas gus …

    gus1968:

    susah bro kalo penyakit flame yang satu ini … saya coba cari solusi di http://www.xdaflameusers.com juga ga ada yang jitu solusinya …

  106. sama seperti mas dedi
    flame saya gak bisa detek m radionya juga ga detek
    pas kemaren malah tambah parah gak bisa booting windowsnya
    start up nya cuma ampe logo o2 doang
    mungkin ada yang bisa bantu???

Komentar ditutup.

