SEVEN : The Realtime Push Mail …


Push Mail adalah sistem email baru yang mana setiap ada email masuk akan selalu didorong dari server ke client sehingga email dapat diterima secara realtime sebagaimana layaknya pesan singkat/sms. Tidak seperti sistem email bawaan windows mobile yang mengharuskan kita untuk menghubungi server terlebih dahulu untuk mengetahui ada tidaknya email masuk.

Push mail adalah salah satu kelebihan Blackberry yang paling menonjol dibanding dengan pocket pc (PDA Phone), namun kita tidak perlu mengganti PDA kesayangan kita demi mendapatkan layanan ini. Sekarang dengan windows mobile kitapun bisa secara realtime menerima email dengan menggunakan aplikasi Seven meskipun aplikasi ini masih Beta version.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi ini:

  1. Buka halaman web : http://community.seven.com/forum/main.php
  2. Pada halaman itu klik pada Register Now
  3. Pada halaman berikutnya baca Registration Agreement Terms, kemudian klik pada I Agree to these terms
  4. Selanjutnya isi formulir yang ada dan pilih Submit
  5. Bila registrasi berhasil, anda akan dikirimi email berisi penerimaan sebagai member berikut username dan password. Nah sekarang buka inbox email anda.
  6. Ada 2 email yang dikirim, salah satunya berisi user name dan password anda. Di bawahnya lagi ada link, ikuti link itu dengan klik.
  7. Anda akan mendapat informasi bahwa akun anda telah diaktifkan, selanjutnya pada halaman yang sama klik pada Log In di sudut kanan atas layar.
  8. Masukkan username dan password anda pada kotak yang tersedia, klik Log In.
  9. Pada halaman yang baru terbuka, pilih Download Software.
  10. Pada halaman selanjutnya, di bawah tulisan I want to download, pilih Consumer Edition bila email anda adalah Yahoo, Gmail, AOL, Hotmail/MSN or other POP/IMAP email service, bila email kantoran pilih selain Consumer Edition.
  11. Anda akan dimintai konfirmasi, silahkan klik pada I understand. Please let me download the software.
  12. Di halaman berikutnya anda pilih kode negara (Indonesia) kemudian masukkan nomor kartu gsm anda tanpa angka 0 didepannya misal nomor anda 081756*****, maka masukkan 81756*****.
  13. Seven akan mengirim sms ke pda anda berisi link untuk download sofware Seven. Bila belum coba ulangi langkah ini.
  14. Kunjungi link yang diberitahukan lewat sms dengan browser IE atau Opera Mobile dan download program seven, kemudian install seperti aplikasi2 cab lainnya, soft reset bila perlu dan jalankan program Seven.
  15. Selanjutnya, pilih salah satu service yang akan digunakan.
    Untuk akun Yahoo! Mail, Gmail, AOL Mail, dan Hotmail, pengguna tinggal memasukkan login dan password. Sesudah login dan password diterima, maka SEVEN akan mulai mendorong email dari server ke klien.
  16. Aplikasi ini akan berjalan otomatis (autorun) sejak pda dihidupkan/reset.  Untuk menghentikan autorun, gunakan file explorer lalu hapus shortcut SEVEN yang tertera di My Device\Windows\StartUp. Jika tidak ingin SEVEN muncul di today’s screen, hilangkan centang pada pilihan SEVEN di StartSettingsTodayToday’s Items.
  17. Selain autorun SEVEN juga otomatis  menghidupkan koneksi data (gprs/3g).  Namun bisa dihentikan sewaktu-waktu dengan memilih Pause pada layar aplikasi.

Demikian langkah langkah untuk mendapatkan layanan Push e-Mail yang realtime, namun karena aplikasi ini mengharuskan tersambungnya konekasi data, maka sering-seringlah cek pulsa anda, kecuali anda mempunyai akun layanan unlimited.

Penggunaan power pun menjadi lebih boros, meski kurang signifikan bila tidak ada email masuk (dalam posisi stand by).

Semoga bermanfaat.

16 Tanggapan to “SEVEN : The Realtime Push Mail …”

  1. wih…artikel yang keren…saya mau coba dulu mas…mas gus sendiri dah coba???gmn hasilnya?? klo bole tau dimana mas dapat artikel yang berbobot seperti yang ada di blog ini??

  2. @ saya sudah coba dan artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri … ternyata tidak begitu boros walau gprs on terus seperti blackberry …

  3. Pak Gus,

    Wah cool banget bro!! saya sudah install dengan petunjuk pak Gus. Komentar saya, app ini digunakan untuk internet via telepon, bila digunakan dengan jaringan wifi waka tidak berfungsi push email-nya. Kenapa ya?

  4. Bener, Mas. Saya sudah pakai sejak pertama kali punya PDA. Pernah pengen nyoba emoze, tapi selalu gagal install. Pakai seven bener-bener real time…🙂

  5. Hendro Buditjahjono Says:

    @Faizal
    paling hanya settingan network sob.
    seven gw asal detect koneksi internet pasti langsung synchronize

  6. Hendro Buditjahjono Says:

    maaf jika kurang jelas. maksud saya koneksi internet dengan menggunakan GPRS/3G, WIFI, maupun kabel USB seven di pda saya tidak bermasalah

  7. hueee,~
    mantab om,… hehee, aq tunggu berita-nya lang lebih hot lagie om,…
    ^_~

  8. Saya telah memakai Seven sejak pertama diberi tahukan oleh pak Gus, dan kemarin saya benar benar kesal dengan Seven, karena membuat hp saya sangat lemot dan hampir crash…

    Wah ndak rekomen deh…. Mungkin ada yang memiliki hal yang sama?

  9. @faizal

    saya pernah ngalamin dulu. solusinya uninstall, donlot lagi dan install ulang …
    kalo masih problem mungkin dari server sevennya …

  10. sekarang saya ndak pakaii apapun, saya bbaru tahu ternyata flame ada fasilitas push emaill (mmungkin pda lain yg WM 6.1 juga ada). Sebenarnya bukan real push emaiil nmn connect setiiap 5 menit (tergaantung setting kita). lebiih nyaman nammpaknya dan sama seperti push email

  11. Weleh … panjang amat stepnya? mana donlot musti dari handset pula. mau pushmail kok repot amat :p

    FYI, di WM kan ada yang namanya outlook email (WM ada POP, IMAP, Outlook). Outlook email itu yang by default sync ke Ms Outlook di PC kalo kita pake ActiveSync. Dan (mungkin orang awam WM kurang tau kali yah?) ActiveSync ini (yang di WMnya yah, bukan di PC) bisa konek ke exchange server di luaran sana (baca: inet) untuk sync email, contact, calendar, task (jadi kalo sewaktu2 perlu hardreset, tinggal setup outlooknya, sync, beres dah. contact n calendar nongol lagi ^_^a).

    Kalo dulu sih penyedia layanan exchange server selalu berbayar. Sekarang? Entah udah pada tau ato belum, bahwa gmail (yup. email gratisan dari google) SUDAH ada layanan exchange server. Jadi yang punya WM, Symbian (S60 & UIQ), dsb yang punya aplikasi exchange client bisa sync ke exchange servernya gmail. Kalo option sync-nya diset ‘as item arrive’, dia jadi pushmail (ya emang begini pushmail ala exchange-outlook). Sama spt SEVEN, gprs always on (lha kan activesyncnya manteng koneksi idle). Dan yang paling penting … hehe … kalo gw buka dari webmailnya gmail, contact di gmail sama lengkapnya ama di WM (ya iya lah … kan di-sync ^_^a). And so far, gw pakai ini ga pernah trouble🙂

    Selamat mencoba … (kalo ada yang mau coba ^_^a)

    gus1968:

    ini saya ngikutin petunjuk dari situsnya, meski panjang benarnya simpel banget …
    biar ga membingungkan bagi newbie2 seperti saya sendiri, saya lebih detilkan langkah2nya …
    user sekaliber anda mungkin bisa bypass dengan sekali dua kali pencet tombol untuk mendapatkan pushmail,
    btw, trims atas masukannya …

  12. @kurotsuki. Downloadnya gak harus dari handset, kok. Saya beberapa kali download programnya dari laptop. Mungkin baca petunjuknya kurang cermat, tuh.🙂

    gus1968:

    ini step by step untuk newbie seperti saya bro, yang saya simpulkan dari situsnya seven … bila sudah berhasil bisa cari jalan yang lebih mudah, tentu saja …

  13. tp tetep aja musti donlot :p
    saya tetep pake gmail ajah ah. simple … ga pake donlot. contact & cal bisa sync lagi. mau baca-tulis dari wm bisa, dari pc via browser juga bisa :D~

  14. maaf mas…mau tanya, klo pake Atom Life WM 6.5 bisa ga?
    soalnya di instruksinya ga tersedia.

  15. @putut

    tentu saja bisa, silahkan coba dicermati lagi langkah2nya …

  16. @mas Gus
    iya mas memang ga ada setting buat O2 –> Atom Life, aq coba pilih option HTC –> HTC Touch P3450, eh ternyata bisa.. Trims🙂

    gus1968:

    gitu ya? aku malah baru tau … siplah!

Komentar ditutup.

