REVIEW PDAVIET ROM CORE 20764


Bukan karena sudah bosen dengan rom yang sekarang saya pakai yaitu PDAVIET ROM CORE 20931, tapi sudah menjadi naluri manusia untuk mencoba sesuatu yang baru. Maka saya tertarik untuk upgrade rom ini. Juga karena menggunakan aji mumpung : mumpung speed download via Telkomsel Flash lagi bagus (bisa 30 KB/s ke atas).

Sekilas melihat review-nya yang nggak ada penambahan atau perubahan berarti dari versi-versi sebelumnya, saya jadi teringat dengan salah satu member xda-developers yaitu indiaram. Orang ini sering kasih komentar miring tentang aktivitas para cooker PDAVIET diantaranya Medkid, dan kurang menghargai hasil kerja Sang Koki. Di antara kritikannya adalah bahwa Para Koki hanya bisa rilis rom yang itu-itu saja, banyak aplikasi tambahan yang kurang berguna dan terkesan hanya untuk menambahin angka seri versinya saja.

Pikir punya pikir si indiaram ada benarnya juga loh. Meskipun saya nggak setuju kalao dibilang aplikasi-aplikasi yang sering ditambahkan kurang berguna. Dan saya juga kurang setuju dengan gaya bahasanya yang meremehkan usaha para kooker.

Baiklah, berikut ini review yang dipaparkan di xda-developers, bagi yang mau mengikuti saya silahkan. Tapi inget ini rom baru kemarin (16 Desember 2008) sehingga belum banyak yang kasih review kelayakan pakainya.

Review sementara dari saya :

  • Manila 2D berikut customizernya (M2DC) yang lebih lengkap sudah bisa jalanin Tab Browser, nggak seperti di versi-versi sebelumnya. Namun ketika saya coba nambah Tab Operator dan Tab Favorite Manila 2D nggak jalan. Sedangkan Tab Navigator bisa jalan tanpa nginstall Google Maps.
  • Opera Mobile 9.5 Beta yang saya install agak lambat proses loadingnya …, dan bila jalanin Opera otomatis Manila 2D menutup. Ini mungkin sebagai antisipasi bila ram penuh.
  • Opera Mini 4.1 jalan normal dan cepat, namun mesti nambahin Midled Java, karena belum terintergrasi dalam rom.
  • Konsumsi Power bisa dibilang normal meskipun aktivitas buka tutup Manila 2D menambah konsumsi.

Itu saja yang bisa saya review, karena waktu pakai yang singkat yaitu cuma sehari semalam. Rencananya mau pindah/balik ke Rom Core 20199, mengingat ketersediaan RAM yang lebih besar (29MB) adalah prioritas bagi saya.

ATOM LIFE – PDAVIET ROM WM6.1 Manilla 2D (Core 20764) by TranMinhMan(LAST ROM BY T2M)


PDAVIET ROM WM 6.1 CE OS 5.2.20764 Build 20764.1.4.3By TranMinhMan

*** Only for Atom Life ***

Special thanks to:

Man PhamQuang
Adv Mod Sonblack
Adv Mod Dvha79_ddt
Trial Mod PhamNhatThanh
VIP Medkid
herg62123 (about Manilla 2D)

Hình ảnh ROM – ROM Images:

ROM Informations:
– CE OS 5.2.20764 Build 20764.1.4.3 PV T2M.
– Pagepool: 6M
– Free Ram ~ 21M.
– .NET Compact Framework 3.5.7283.0
– Advanced Configuration Tool v3.2.0.0 by Julien Schapman
– Base Hue Express
– ClearTemp v1.0.3 by Vicott Wong
– Contacts Manager extension v1.6 by FdcSoft
– File Explorer Extra Options
– FlashLite 3.1
– Free Mem
– FTouchFlo
– Google Maps
– HTC Audio Manager v2.0.1819.2129
– HTC Enlarge Menu v1.1
– HTC Sim Manager v6.57
– Light On by Cory Charlton
– Manilla 2D v1.00.1819.2926
– Manilla2DConfig v0.10.130
– Network Wizard for PocketPC v1.0 (Build 29982.1.0.1.7)
– Pocket RAR 3.80 by Alexander Roshal
– PHM Registry Editor v0.7 by Philipe Majerus
– PIM Backup v2.8.0.0 by FdcSoft
– PocketNotepad v4.0.10
– PocketScreen v1.3 by JJM. Roseboom
– S2U2 v1.35
– Synchro Time v0.95 by Dennis Grachov
– Total Commander CE v2.51 by Christian Ghisler
– Windows Live v10.6.0034.0800
– WkTask v1173c
– Default Dialpad Atom Life support 3G (mod)
– Windows Media Player 10.3 Build 20764 Black (mod)
– Some small games.

Up ROM Guides: (up from MMC)
– Battery over 70%, MiniSD is smaller than 2G, format FAT16 (on PC is FAT).
– Download and extract with the password below, copy file AL1.DIO to MMC.
– Press Record + Reset, leave Reset first => ***MiniSD Detected*** => waiting 100%, Atom Life auto reset and you have new ROM!

ATOM LIFE – PDAVIET ROM WM6.1 Manilla 2D (Core 20764) by TranMinhMan

Link download:
http://kc9.info/pdaviet/rom/TranMinh…ranMinhMan.rar

Username and Password to download: PDAVIET

Password to extract: TranMinhMan

36 Tanggapan to “REVIEW PDAVIET ROM CORE 20764”

  1. jadi lebih keren tu hasilnya pak. mantaf.

    gus1968:
    salam, trims telah mampir … iya tampilan lebih keren tapi saya lagi seneng yang polosan dengan ram sisa 29MB …

  2. Mas Kalo ROM buatan pihak ketiga itu sebenarnya bikin masalah gak sih, aku sih sebenarnya gak takut ada masalah cm kl pas lg ptg trs PDA saya bermasalah ya gak enak jg kan? makanya sampai saat ini saya msh pake original ROM bawaan O2. Mas ROM yang tampilannya lumayan bgs, baterainya hemat tp free RAMnya plg besar versi berapa y? Downloadnya dimana? trs cara upgradenya gmn? tlg dikirim lewat email saya ya! thamks

    gus1968:

    Selama saya pake beberapa rom kukingan pdaviet sih gak pernah ada masalah. Kalau ada minor bug memang ada, tapi nggak mengganggu banget. Ada yang mereport pdanya matot gara2 upgrade, tapi kalo saya cermati kesalahan bukan dari romnya, tapi mungkin salah prosedur dalam proses upgrade.
    Untuk jenis rom sesuaikan dengan merek dan tipe pdanya. Review dan cara upgrade silahkan dibaca di blog ini berikut komentator yang melengkapinya.
    Banyak rekans yang sudah sukses upgrade kok, so pelajari dulu. Kalau masih ada yang membingungkan, silahkan komentar.

  3. Salam, saya pakai cooked ROM dari PDAVIET 20764, yang ingin saya tanyakan adalah:
    1. Fungsi USSD gak berjalan, saya coba cek pulsa *388# buat cek pulsa, setelah itu hanya diminta tunggu, tapi gak ada hasil, ada cara untuk fix masalah ini?
    2. Dari beberapa ROM yang sudah di “masak” sama PDAVIET, saya udah coba beberapa, salah satunya yaitu 20755. 20755 relatif stabil tapi ada brrp fungsi yang gak jalan salah satunya align screen (freeze) gak bisa dikutak katik, sisanya lom dicoba.
    3. Menggunakan 20764 itu baterenya boros sekali ya, pagi full charge, gak sampe sore batere sudah sekitar 30%. (Pemakaian normal, no music, no pictures, no videos). Saya berencana pindah ke ROM yang lain, ada saran saya bisa gunakan ROM yang relatif memberikan RAM besar dan batere gak boros tapi ada fitur Itouchflow nya.

    Mohon bantuannya untuk masalah diatas. Thank you

    gus1968:

    Salam kenal juga, sayang saya sudah tidak menggunakan ROM 20764 so nggak bisa nyobain …
    1. Problem USSD barangkali bisa diatasi dengan Setting di Network Wizard atau Advance Configuration.
    2. Saya pernah pakai 20755, tapi align screen lancar saja kok. Kalo problem coba di reset atau hard reset.
    3. Rekomendasi ROM 19199 atau 19971. Keduanya sisa RAM masih longgar 27-30MB. Untuk Touchflow biasanya sudah tersedia. Kecuali home sreen seperti Diamond bisa ditambah sendiri. Kalau batre boros itu sudah bawaannya atom life, rubah ROM gak begitu signifikan.

  4. Salam….lupa satu hal, fungsi wifi connection tidak dapat diaktifkan pada communication manager. Sepertinya tab ini tidak exist. Saya menggunakan PDAVIET 20764, mungkin ini salah satu bug yang cukup krusial.

    gus1968:

    Betul, comm manager gak bagus responnya …. di ROM versi Pdaviet lain ada yang report begitu.

  5. yup!!!
    bener bgt….comm manager ga beres tuh, padahal butuh buat pake nimbuzz..

    trus saya ko ga bisa pake opera mini yah?
    ada yg punya link nya??
    saya punya kok format jar, dah dbuka pk java mlh gagal.knp ya?
    klo pk opera yg biasa kerjaannya not enough space mulu…meskipun tinggal 1 tab doank jg..

    gus1968:

    Untuk Opera mini telusuri saja lewat : http://mini.opera.com

  6. Mas Gus, thank you untuk quick replynya, ada bbrp hal yang mau saya tanyakan lagi terkait sama ROM dari PDAVIET:

    1. Sebagai pakar ATOM LIFE, saya rasa mas Gus sudah sangat pengalaman dalam mencoba berbagai ROM. Kalau boleh saya tahu, sekarang ini ROM apa yang mas Gus gunakan? Terus terang secara interface sama appearance, saya lebih menyukai 20764 ketimbang ROM lain walaupun free memorinya kecil. Yang jadi masalah itu baterenya boros sekali ya, ada trik khusus untuk menghemat baterai?

    2. Saya ada rencana upgrade / downgrade ke versi 20924, lebih baru yang mana ya dibandingkan sama 20764?

    3. Kalo ROM cooked yang clean ada gak ya? Terus terang sebelumnya saya pakai O2 atom biasa, saya pakai cooking ROM dari KUMARA Last Version, sayang dia gak keluarin buat LIFE. Ada yang semacam ini gak ya buat LIFE?

    Thank You

    gus1968:

    Boleh, saya cuba jawab :
    1. Saya sedang pakai ROM Core 19199, pilih ini semata-mata karena free ram yang besar kalau nggak terbesar. Interface Home Screen masih standard, kmarin2 pakai Manila 2D, tapi bongkar dulu untuk hemat ram. Kalau masalah batere saya punya alternatif pake Batre Charger lihat di sini.
    2. Angka yang lebih besar biasanya menunjukkan versi yang lebih baru … tapi itu terserah Kokinya juga.
    3. Rom yang clean, maksudnya bebas bug? Wah, mesti cobain satu-satu end cobain semua fiturnya …. Btw, kalau ada bug yang masih tergolong minor ya wajarlah. Para Koki khan amatiran, kerja berdasarkan hobi saja dan ….. koki juga manusia, huehehehe ….
    Tengkyu juga.

  7. Mas Gus, ada yang mau saya tanyakan lagi:

    1. Apakah Atom Life sudah mendukung Push Email, apakah sudah ada yang menggunakan fitur ini? Di Internet, saya temukan bahwa “mobiPush” bisa digunakan di hampir seluruh smartphone dan juga PDA. Ada review mengenai hal ini?

    2. Program free mem itu benar2 memberikan free memory atau hanya merefresh saja? Ada software lain yang lebih efektif?

    3. WKTask yang terinstall di 20764 sepertinya bermasalah, karena selalu lading setiap kali saya softreset, apabila dimatikan melalui setting WKTask, selalu gagal. Ada cara supaya WKTask ini tidak loading secara otomatis. Apakah fungsi dari WKTask ini benar2 efektif dalam mengatur free memori?

    Thank you

    gus1968:

    Boleh, jawab lagi :
    1. Atom Life dukung Push Email kok, meski gak sebaik Blackberry. Selain MobiPush, ada Emoze dan Seven. Bisa juga pakai Blacberry Conect, tapi saya belom cobain semua … Bagi saya blom penting.
    2. Program Freeram, refresh isi ram yang nggak aktif tentu saja. Alternatif lain ya pakai Pocket Mechanik atau Memmaid, … kalau punya windows pakai Task manager. Btw, Freeram paling praktis …
    3. Rom yang saya pakai juga included WKTask, tapi nggak pernah rewel. Kalau bandel gak mau tutup program memang iya. Efektif tidaknya gimana ngukurnya ya, saya cuman suka kalo tutup program bener2 tutup dan bukannya minimize.
    Tengkyu en Sorry, kalau belum puas..

  8. halo mas gus aku baru beli PDA Atom life terus aku mau tanya
    Bagaimana cara nyambung atau setting hotspot, soalnya udah pernah aku coba tapi engak pernah connect, oh iya aku pun pernah coba software Wefi tapi tetap juga engak bisa connect, jd bagaimana ya.

    oh iya aku udah download dan instal ROM Manila 2D Core 20764 dan behasil pula.
    so thanks buanget atas info nya ya.

    gus1968:

    Trus trang, aku gak familiar dengan wifi. Setau saya settingnya lewat Start >> Settings >> Conections >> Wi-fi dan Wi-fi Utility.
    Tolong rekans lain yang biasa pake Wi-finya beri komentar.

  9. @Jacker,

    Untuk setting wifi bisa seperti yang dikatakan oleh mas gus, atau bisa juga dgn cara, karna kamu sudah pake ROM 20764 di home, kamu geser menunya ke kanan dan pilih Settings, trus pilih communication, trus hidupkan wifi connection, secara otomatis akan mencari hotspot yg available, smoga membantu

    gus1968:

    Tengkiu tambahannya, pemakai wifi lainnya boleh kasih komen tambahan …

  10. saya cuma mo nambahin dikit, bener kata bro diatas smua, dah aktifin wifi nya di comm manager (itu lho yg barengan ma bluetooth, filght mode, dkk di wireless manager) klo dah ijo atau dah aktif, buka browser, ntr dia masuk sndiri k wifi provider nya bt masukin password atau bisa juga lgsg OL.
    klo msh g bisa
    bw pda nya ke mbak2 cantik yg jaga booth wifi, tanya dia aja!!

    gus1968:

    saya rekomended tanya mbak2 cantik itu …..😀

  11. di masukan ke ATOM V gimana pak ? prosedurnya sama juga ? tapi tombol record ga ada tuh … soo ??

  12. Yanto Gorgor Says:

    Preview ROM 20764 dan 19199,
    Om Gus Pur, saya sudah coba upgrade sesuai judul, problem yg saya temui, sbb :
    ROM 20764 : terasa berat, kadang hang dan waktu pakai kamera proses selesai klik lama, apalagi pada videonya, lama sekali.
    ROM 19199 : overall OK standar punya, terasa lebih ringan, hanya tampilan battery level tidak ada. coba coba setting sana sini tidak ketemu.
    Itulah sedikit info dari saya, ada yg punya problem solvingnya, terima kasih / matur nuwun

    gus1968:

    Cek dulu di atas task bar ada garis tipis warna biru muda itu untuk nunjukkin level batere. Screenshoot lihat di Ultimate WM7.
    Bila ga ada install WKtask dan aktipin mode tsb.

  13. Yanto Gorgor Says:

    WKtask diinstal dari mana ya, saya enggak punya aplikasinya. tapi barusan saya upgrade lagi ke Core 19971 dan coba juga Core 20931.dan tidak ada masalah, Overall hampir sama ya. itung itung belajar, maklum pemula.jadi sudah 10kali coba upgrade dari tdk berhasil sampai sukses, tentu berkat Om Gus Pur dan rkan temen temen di forum ini. Oh ya yg belum berhasil upgrade, coba step by step mengikuti petunjuk Om Gus Pur. mudah mudahan berhasil.trims

    gus1968:

    Khan ada link di komen saya sebelumnya …. yg warna oren …

  14. Yanto Gorgor Says:

    maaf ya om Gus Pur,betul kata anda, akan saya coba download dan install,thank,sberat.wassalam.

  15. Yanto -Gorgor Says:

    Problem baru Om Gus Pur,
    Saya pakai m-BCA dengan atom life saya kok tidak bisa ya, padahal kalau saya coba di HP lain bisa. mohon pencerahannya barangkali teman teman lain pernah mengalami dan punya pengalaman hal ini. Terima kasih

    gus1968:

    Seingatku ada juga yang komplain masalah yang sama dan kesimpulannya ga bisa m-bca itu adalah salah satu bug dalam ROM kukingan …. Saya biasa pake browser dan buka klikbca, tradisional saja …. Tapi mungkin ada yang ketemu solusinya, silahkan share …

  16. salamam kenal mas Gus!!!
    saya baru ganti ROM ni
    bisa minta bantuan?
    dimana mendowload program Midled Java

    gus1968:

    ada di sini : http://www.megaupload.com/?d=I6O51BND

  17. mas, ROM ini download-nya dimana lagi yaa.?? PDAVIET koq ‘ga bisa..
    tolong, dishare disini aja mass…

    gus1968:

    download di sini :

    http://kc9.info/pdaviet/rom/TranMinh…ranMinhMan.rar

    Username and Password to download: PDAVIET

    Password to extract: TranMinhMan

  18. link yang ini ‘ga bisa mass..
    User/pass koq minta mulu.. padahal dah dimasukin denga benar logh mass..
    User: PDAVIET
    Pass: PDAVIET

    gus1968:

    sorry bro, ga tau yah aku coba juga sudah ga bisa … mungkin sudah didelete apa ya.
    aku coba cari2 di rapid jg blom ada yang upload.
    btw, coba cari tau di xda-developers saja ya kali ada yang updete linknys.

  19. bener bgt….aku bs donlod PDAVIET ya dr link nya mas GUs yg di mediafire ato megaupload itu, klo masuk ke kc9.info gak bisa…..di xda-developer jg bnyk yg ngeluh coz ROM nya PDAVIET gak bs didonlod, tp itu kyknya ya br trjadi br2 ini deh mas….aku dah nanya jg di XDA dev, moga aja segera dapet jawabannya…..

    gus1968:

    masa’ sih? kalo gitu member2 xda-dev yang ngeluh itu suruh pindah ke blog ini saja … huehehe …

  20. siap, ndan, nanti cb sy promosikan blognya di xDa.dev hehehe…

  21. Mas gus numpang nanya,
    Saya juga pake ROM ini.. dengan manila2d. tab Photos and Video sudah bisa jalan dengan nginstall htc album (dari update19b all devices)
    tapi masalahnya icon camera dan icon video kalo di-klik ga muncul apa-apa. Apa yang masih salah/kurang?

  22. @renstanford

    jumpa lagi bro, tapi sayang blom bisa bantu karena sudah lama gak pake rom ini … sekarang lagi pake flame, atom lifeku lagi masalah dgn tsnya so ga bisa pindah2 rom lagi.
    kalo saya sih mending pake rom lite macam 20931, trus ditambah sendiri manila2d … mengenai shortcut ke camera dan video kayaknya butuh edit script, karena ada beda antara htc dan atom life.

  23. ok thks sarannya yg top bgt… langsung dicoba

  24. hadesfuneral Says:

    kalo rom yang sesuai untuk O2 atom exec, ringan tp bagus & tombol virtualnya bs kaya hp. jd bs gampang bwt sms apa yah? linkny dwnldnya dmn..
    Btw blognya bagus, saya bs tau kegunaan PDA trnyt brmacam2.

  25. Keren Mas, ROM-NYA…
    kira2 bisa gk, saya pasang di “O2 XDA 2” saya.
    (Yang LCD-nya luas itu looo)

  26. @jAcOwlIve

    ga bisa, ini HANYA untuk tipe Xda Atom Life … kalo dipaksakan pdamu bisa mati total …
    pilihan rom untuk xda II juga banyak dan bagus2 tampilan uinya .. silahkan cari di forum.xda-developers.com …

  27. Mo Nanya juga Mas…
    PDA saya MATIAN niii padahal batrai masih 50% lebih… apa kalo di upgrade ROM-NYA bisa gak matian lagi.

  28. TAMBAHAN >> Kalo pda-nya saya matiin dan saya lepas batre-nya, lalu saya kembalikan seperti semula.
    >> Pas saya nyalaiin kok tampilan-nya kaya’k baru Upgrade OS. Dan ada prosses instalasi dari awal segala. ITU MEMANG GITU / ADA MASALAH DENGAN PDA TERSEBUT. MOHON BANTUANNYA

  29. @jAcOwlIve

    sepertinya itu karena batre sudah lemah dan indikator batre sudah tidak akurat, upgrade tidak secara langsung mengubah masalah tsb …

    bila telah lepas batre, maka resetnya dihitung hardreset sehingga seakan2 baru diupgrade … itu sih normal saja.

  30. TerImakasih SOB!! ILMU-NYA.

  31. malam bos..sy ingin dibantu file REVIEW PDAVIET ROM CORE 20764 kok engk ada yg bisa di download.. sy ingin coba

    gus1968:

    maaf bro, linknya sudah kadaluwarsa …
    btw coba yang baru2 bro seperti punya bajok … katanya sih paling stabil….

  32. kenapa file yg anda punya anda masukin aja ke blok ini sbb file yg itu udah engk bs di download

    gus1968:

    maaf bro. mungkin linknya sudah kadaluwarsa/kehapus …
    gugling saja mungkin masih ada situs lain yg nyediain …

  33. Mas Gus…newbie ni mau tanya2…
    punya rom 6.1 yang paling stabil gak mas?
    skg saya pake 6.5, berat sekali..kalau lagi denger mp3 lalu buka aplikasi lain, mp3nya langsung terbata2…

    Thanks mas gus..ditunggu pencerahannya..

    gus1968;

    pake atomlife ya? mending pake wm 6.1 saja bro … kalo wm 6.5 memang boros ramnya …

  34. mas gus masih kutak kutik pda g? ato dah alih ke BB neh? dah lama mencermati blok ini, lkp untuk ulasan atom life nya..

    mau tanya ne…saya punya atom life..pake room wm 6.5 htc like, ganti wm 6.5 pro, trus downgrade wm 6.1 tapi masih punya 1 permasalahan yg sama..kalo pake kartu telkomsel g bisa buat nelpon ditelepon, sms lama…tapi klo dapat sinyal 3g semua lancar….g da masalah…

    ada rekomendasi room atau gmn?

    gus1968:

    kayaknya bukan problem rom tuh bro,
    coba minta ganti kartu ke grapari, meski saya ga jamin bisa … tapi dengar2 dari forum sebelah sih itu masalah kartu.
    sekarang saya pake omnia II, hobi opreknya sudah berkurang …🙂

    makasih..maaf klo panjang..;-)

  35. assalamualaikum, mas kenap link ke wm6.1 nya kok gak bsa? mohon bantuannya mas..thx

  36. mas kl hp gagal upgrade dan mati total itu service nya dimana../?
    kalau tau habis berapa ya mas..???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: